Sukses

Metro Sepekan: Misteri Satu Keluarga Tewas di Kalideres

Liputan6.com, Jakarta Publik Tanah Air sebelumnya sempat digegerkan oleh tewasnya satu keluarga di Perumahan Citra Garden Satu Extension, Kalideres, Jakarta Barat. Para korban terdiri dari pasangan pasutri, satu anak, dan paman (adik dari bapak) inisial BG usia 68 tahun. 

Proses kremasi rencananya akan dilakukan terhadap jenazah satu keluarga yang tewas tersebut di Krematorium Cilincing, Jakarta Utara hari ini, Senin (14/11/2022).

Sebelumnya, jasad para korban ditemukan pertama kali oleh warga setempat setelah mencium bau tak sedap dari dalam rumah, Kamis, 10 November kemarin. 

Sempat beredar kabar, bahwa keempat korban meninggal dunia akibat kelaparan. Untuk mengetahui penyebab kematian satu keluarga yang tewas tersebut, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya masih menunggu hasil pemeriksaan dari kedokteran forensik maupun laboratorium forensik.

Menurut salah satu kerabat korban, Handoyo, perekonomian sang kakak ipar tergolong biasa saja. RG (71) diketahui pekerja kantoran, sementara RM (stri) usia 66 tahun sehari-hari berjualan kue.

Dari hasil penyelidikan awal, polisi tidak menemukan adanya tindakan kekerasan akibat terkena benda tajam ataupun tumpul para tubuh korban.

Dalam sepekan terakhir, berita satu keluarga tewas di Kalideres masih menjadi sorotan publik. Menurut penuturan Ketua RT setempat, keluarga korban memang tergolong tertutup dan jarang berkomunikasi.

Asiung mengaku terakhir kali melihat ibu dan anaknya tiga bulan lalu. Kadang beraktivitas menggunakan mobil, motor, dan sepeda saat ke pasar. Sempat pula berkomunikasi dengan salah satu korban saat lampu rumah korban mati.

Kabar lainnya terkait kebijakan ganjil genap yang diterapkan di wilayah DKI Jakarta. 

Saat ini ada 26 titik kawasan ganjil genap di Jakarta setelah ditambah 13 titik baru. Jam operasi skema ini masih tetap sama yang dibagi dalam dua sesi. Dimulai pukul 06.00 - 10.00 WIB, lalu berlanjut hingga sore nanti pukul 16.00 - 21.00 WIB setiap hari kerja. 

Lantas, bagaimana dengan lokasi wisata?

Sebelumnya, sistem ganjil genap memang diterapkan untuk sejumlah lokasi wisata. Namun, terhitung sejak Jumat 18 Februari 2022, ganjil genap tak lagi diberlakukan di kawasan wisata. Hal ini tertuang dalam SK Kadishub DKI Jakarta Nomor 80 tahun 2022.

Ada pun yang menjadi pertimbangan melihat rendahnya intensitas kendaraan yang melaju di sekitar ruas jalan tempat wisata dan adanya pembatasan bagi pengunjung.

Berikut deretan berita terpopuler dalam sepekan terakhir yang paling banyak dicari pembaca Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Kerabat Satu Keluarga Tewas di Kalideres: Ibunya Dulu Jualan Kue, Bapaknya Pekerja Kantor

Hasil autopsi mengungkap tidak terdapat sisa makanan di jenazah satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. Namun, Handoyo, kerabat korban tewas di Perumahan Citra Garden Satu Extension itu mengatakan, perekonomian kakak iparnya tidak bisa dikatakan sebagai orang yang kesulitan finansial.

Meski, dia mengakui perekonomian mereka biasa-biasa saja.

"Kalau saya tahu biasa-biasa saja ya (ekonominya) yang saya tahu ibunya dulu jualan kue, bapaknya kerja kantor. Tapi anaknya saya tidak tahu kerja apa. Iya (enggak dibilang susah)," kata Handoyo, Jakarta, Sabtu (12/11/2022).

"Saya juga sudah lupa (kerja kantor dimana)," sambung dia.

Oleh karena itu, dia mengaku kaget saat mendapatkan kabar keluarganya meninggal dunia dengan kondisi tidak ditemukan makanan dan minuman dalam lambungnya.

"(Dugaan kelaparan) Kita justru kaget ya kalau memang dia tidak mampu, kenapa dia tidak menghubungi saudara atau mungkin minta tolong tetangga. Tapi tidak ada sama sekali, sehingga kita juga kaget baru tahu kalau sampai begitu parahnya," ungkap Handoyo.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Simak, Ini 26 Lokasi Ganjil Genap di Jakarta yang Berlaku Hari Ini 8 November 2022

Kebijakan ganjil genap di Jakara hari ini, Selasa (8/11/2022) berlaku untuk roda empat berpelat genap. Para pemilik kendaraan bebas melintas di kawasan ganjil genap tanpa perlu khawatir dikenakan sanksi tilang.

Sementara, bagi mobil bernomor ganjil bisa mencari alternatif jalan lain. Apabila tetap melanggar, bakal dikenai sanksi tilang melalui sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Diketahui, saat ini ada 26 titik kawasan ganjil genap di Jakarta setelah ditambah 13 titik baru. Jam operasi skema ini masih tetap sama yang dibagi dalam dua sesi. Dimulai pukul 06.00 - 10.00 WIB, lalu berlanjut hingga sore nanti pukul 16.00 - 21.00 WIB.  

Pembatasan kendaraan ini hanya diterapkan di hari kerja, Senin-Jumat. Sedangkan akhir pekan, seperti Sabtu, Minggu serta libur nasional tidak ada ganjil genap. 

Lantas, bagaimana dengan lokasi wisata?

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Ketua RT Ungkap Aktivitas dan Percakapan Terakhir Sebelum Satu Keluarga Tewas di Rumah Kalideres

Satu keluarga ditemukan tewas di sebuah rumah Perumahan Citra Garden, Kalideres Jakarta Barat pada Kamis 10 November 2022.

Keluarga yang terdiri dari suami istri dan anak itu dikenal tertutup oleh warga sekitar. Hal ini diungkap oleh sang Ketua RT setempat, Asiung.

"(Keseharian) Sangat tertutup, tidak ada komunikasi. Itu pun kalau saya ada kegiatan lingkungan saya baru panggil gedor-gedor, keluar. Ini ada misalnya pendataan BPS, atau penyemprotan DBD desinfektan kemarin covid saya semprot baru keluar," kata Asiung kepada wartawan di lokasi, Jumat (11/11/2022).

Asiung bahkan menyebut tidak mengetahui apa pekerjaan mereka. Padahal, korban sudah tinggal di kawasan itu selama 20 tahun. Mereka juga disebut tidak tergabung dalam grup WhatsApp RT setempat.

"Terakhir, saya ketemu anak sama ibunya tiga bulan yang lalu," ujarnya.

"(Aktivitas) Kadang-kadang pakai motor, kadang-kadang pakai mobil. Jarang berjalan kaki. Pagi biasanya keluar buat ke pasar. Terakhir tiga bulan yang lalu saya lihat," tambahnya.

Meski sudah lama tidak bertemu dengan para korban, komunikasi keduanya itu tetap berjalan. Terutama, pada saat Asiung menanyakan kondisi rumahnya yang dilihatnya sempat gelap. Apalagi, sempat dilihat adanya mobil boks yang masuk ke garasi rumah.

 

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS