Sukses

Anies Akan ke Medan, Nasdem: Ketemu Masyarakat hingga Kelompok Agama

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berkunjung ke Medan, Sumatera Utara pada Jumat 4 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berkunjung ke Medan, Sumatera Utara pada Jumat 4 November 2022. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan, Anies akan ditemani Ketua Bappilu Partai Nasdem Prananda Surya Paloh.

"Prananda Surya Paloh yang menemani," kata Willy kepada Liputan6.com, Kamis (3/11/2022).

Willy menyampaikan, selain Istana Maimun, Anies juga bakal mendatangi sejumlah lokasi lainnya. Namun dia tidak merinci di mana saja lokasi yang dimaksud. Anies akan berada di Medan selama dua hari.

"Ada berapa titik, dua hari full," ujar Willy.

Willy mengatakan bahwa di Medan, bakal Capres 2024 Partai Nasdem ini akan bertemu masyarakat, mahasiswa, hingga beberapa kelompok agama.

"Ketemu masyarakat, mahasiswa dan beberapa kelompok agama," jelas Willy.

Sebelumnya, Anies Baswedan membagikan informasi bakal bertolak ke Istana Maimun, Medan lewat tayangan video yang diunggahnya ke laman Instagram @aniesbaswedan.

Anies berucap syukur atas kesempatan yang diberikan kepadanya karena bisa hadir di Istana Maimun esok hari. Kedatangan Anies di Istana Maimun dijadwalkan pada pukul 14.30 WIB.

"Alhamdulillah saya bersyukur atas kesempatannya," kata Anies melalui akun resmi Instagram @aniesbaswedan, dikutip Kamis (3/11/2022).

"Insyaallah saya akan hadir di Istana Maimun, Kota Medan pada Jumat, 4 November 2022 pukul 14.30 WIB," lanjut dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies Ajak Relawan Dekati dan Jangkau Nasdem di Seluruh Daerah untuk Kerja Sama

Bakal Calon presiden Partai Nasdem Anies Baswedan menyampaikan pidato politik pada acara Deklarasi Relawan IndonesiAnies: Merawat Semangat Kebangsaan, Meretas Jalan Keadilan, di Jakarta Covention Center, Jakarta Pusat,  Rabu (2/11/2022).

Dalam sambutannya, Anies meminta seluruh relawan berkejasama dengan Nasdem.

"Izinkan saya menyampaikan terima kasih kepada Partai Nasdem yang telah memberikan kepercayaannya untuk memulai rute ini. Karena itu bagi seluruh relawan, kita harus bekerja bersama Partai pengusung, siap?," ujar Anies.

"Siap..," jawab para relawan yang hadir. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengajak semua relawannya untuk menjangkau Nasdem dan bekerja sama. Sebab, menurutnya Nasdem lah yang berani memutuskan mengusung dia.

"Jangkau Partai Nasdem, di mana pun berada, jangkau bekerja bersama, karena partai NasDem berani memutuskan untuk segera bertindak, untuk segera bersiap sebagaimana kita semua di sini berani memutuskan berani bertindak berani bersiap.  Dan ini artinya kita mengikhtiarkan bahwa keberkanjutan dan perubahan itu perlu dipersiapkan," kata dia.

Anies juga menyatakan bahwa keberlanjutan dan perubahan tidak jalan otomatis, tapi harus disiapkan jauh-jauh hari. Menurutnya, setiap orang memiliki tanggung jawab untuk membuat bangsa ini lebih baik.

"Bila ingin negeri ini lebih baik, maka kita tidak bisa hanya diam dan mengharapkan perubahan itu datang begitu saja. Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu mengistiar dan perubahannya. Karena itulah yang berkumpul di sini adalah pribadi-pribadi yang melihat adanya momentum perubahan," tambah Anies. 

Diketahui, acara deklarasi ini disebut dihadiri  58 kelompok relawan. Saat Anies tiba di lokasi, ribuan relawan menyambut dan berteriak,"Anies presiden, Anies presiden,". 

  

3 dari 4 halaman

Ajak Relawan Dukung Nasdem, Anies: PKS-Demokrat Sedang dalam Pembicaraan

Anies Baswedan meminta relawannya untuk mendukung partai yang mengusungnya sebagai calon presiden yaitu Partai NasDem. Hal itu diucapkan Anies saat acara Deklarasi Relawan IndonesiAnies, Rabu (2/11/2022).

Meski demikian, Anies tak menutup kemungkinan juga mengajak relawannya mendukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat. Sebab kedua partai sedang dalam pembicaraan untuk berkoalisi dengan NasDem.

"Saat ini partai yang mendeklarasikan pencalonan adalah Partai Nasdem. Dua partai lain sedang dalam pembicaraan, yaitu PKS dengan Partai Demokrat," kata Anies usai acara deklarasi.

Anies berharap, ke depan PKS-Demokrat juga bisa bekerjasama dengan relawan dan NasDem untuk mengusung dirinya. "Harapannnya kalau nanti PKS, Demokrat yang pada waktunya bisa bekerjasama kita semua jangkau,"  kata dia.

Anies mengaku menghormati proses internal partai yang kini tengah berlangsung di PKS dan Demokrat. Untuk itu, meski belum resmi mengusung Anies, ia menyebut dua partai itu tetap mitra para relawan Anies

"Kita menghormati semua proses yang ada di setiap partai, NasDem sudah berproses sejak Juni kemarin ketika Rakernas, PKS Demokrat sekarang sedang berproses, dan itu adalah mitra-mitra para relawan untuk bekerja bersama," kata dia.

4 dari 4 halaman

Nasdem Tepis Anggapan Bakal Tenggelam karena Sokong Anies Baswedan Maju Capres 2024

Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali mengatakan, Partai Nasdem tidak akan tenggelam karena mendukung Anies Baswedan. Hal itu disampaikan Ahmad Ahli setelah acara Deklarasi Relawan IndonesiAnies di Jakarta Covention Center, Jakarta Pusat, pada Rabu (2/11).

"Kita dengar banyak sekali orang yang membuat tagline tenggelamkan Nasdem karena mendukung Anies. Hari ini kita jawab, NasDem tidak tenggelam karena orang-orang yang tidak suka pada Anies. Kami ada untuk memenangkan Anies dan membesarkan partai-partai pengusung dia," kata Ahmad Ali kepada wartawan.

Kemudian, Ahmad Ali juga berkomentar terkait pernyataan Anies yang meminta relawan untuk mendukung Partai Nasdem. Menurut Ahmad Ali, Anies mengatakan hal tersebut karena baru Nasdem yang mendeklarasikan calon presiden.

"Imbauan Pak Anies tadi kepada seluruh relawan, karena Nasdem baru satu-satunya partai yang mendeklarasikan Anies. Dia berani mengambil risiko itu. Maka diimbau kepada seluruh relawan untuk berinteraksi, merapat ke Nasdem berjuang bersama-sama, mensosialisasikan tentang Anies," jelas Ahmad Ali.

Sebelumnya, calon presiden partai Nasdem Anies Baswedan meminta relawannya untuk mendukung partai yang mengusungnya tersebut. Hal itu diucapkan Anies saat acara Deklarasi Relawan IndonesiAnies di Jakarta Covention Center, Jakarta Pusat, pada Rabu (2/11).

Namun, Anies juga menyampaikan bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat tengah dalam pembicaraan untuk mengusung dirinya.

"Saat ini partai yang mendeklarasikan pencalonan adalah Partai Nasdem. Dua partai lain sedang dalam pembicaraan, yaitu PKS dengan Partai Demokrat," kata Anies kepada wartawan.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.