Sukses

Hasto PDIP: Kebijakan Anies Baswedan Selalu Berbeda dengan Jokowi

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, ada kontradiksi ditimbulkan partai politik pendukung Presiden Jokowi yang ikut mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres).

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, ada kontradiksi ditimbulkan partai politik pendukung Presiden Jokowi yang ikut mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres).

Adapun ini disampaikannya dalam diskusi Election Corner yang diselenggarakan Fisipol UGM, Yogyakarta, Senin (10/10/2022). Ini juga penjelasannya menjawab pertanyaan wartawan mengenai pernyataan Partai Nasdem yang menilai Hasto dan PDIP terlalu mengkritisi Anies, tak pernah mengkritik elite lain seperti Prabowo Subianto.

Sebab, menurut catatan dia, banyak kebijakan Anies yang berbeda dengan gaya pemerintahan Jokowi.

"Kalau kita lihat persoalannya adalah berbagai kebijakan Pak Anies berbeda dengan Presiden Jokowi. Ini kan dua hal berbeda, sehingga melahirkan kontradiksi ketika ada salah satu partai pendukung pemerintahan pak Jokowi mengusung pak Anies yang dari sisi kebijakannya berbeda dengan presiden Jokowi," kata Hasto.

Dia menegaskan, salah satu kebijakan bertolak adalah soal penanganan banjir. Kemudian, soal pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan, saat Presiden Jokowi melakukannya karena perspektif geopolitik. ementara Anies ingin tetap mempertahankan ibu kota di Jakarta.

"Ini kan dua hal yang berbeda, sehingga melahirkan kontradiksi ketika ada salah satu partai pendukung pemerintahan pak Jokowi mengusung pak Anies yang dari sisi kebijakannya berbeda dengan presiden Jokowi. Dalam penanganan banjir juga berbeda, dan lain-lain," ungkap Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capres PDIP

Meski demikian, Hasto masih bungkam saat ditanya lebih jauh mengenai bakal capres PDIP ke depan. Hasto memastikan, PDIP masih lebih memilih berkonsentrasi menyesaikan berbagai permasalahan bangsa.

"Saat ini kita menghadapi tekanan global, dimana situasi Pandemi belum sepenuhnya pulih," kata dia.

Bagi PDIP, lanjut Hasto, seluruh kerja kepartaian dan pemerintahan Presiden Jokowi harus fokus mempercepat kinerja pemulihan ekonomi untuk rakyat. Sehingga, pemilu 2024 dilaksanakan dalam suasana yang kondusif

"Itu skala prioritas bagi PDI Perjuangan. Politik itu tidak boleh kehilangan konteks. Rakyat memerlukan perbaikan ekonomi. Itulah cara bertindak PDI Perjuangan. Urusan capres-cawapres, masih ada waktu, sampai Oktober tahun depan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • PDIP