Sukses

Sambut Baik Pilihan Nasdem, PKS: Anies Memiliki Kapasitas untuk Memimpin Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengucapkan selamat kepada Partai Nasdem yang telah memutuskan untuk mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden untuk Pilpres 2024

“PKS menyambut baik keputusan Partai Nasdem yang telah memilih Anies Rasyid Baswedan dari tiga kandidat hasil Rakernas Partai Nasdem sebelumnya. Semoga keputusan tersebut mendatangkan kebaikan untuk kemajuan bangsa Indonesia,” kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam keterangannya, Senin (3/10/2022).

Syaikhu menilai Anies adalah tokoh nasional yang berkapasitas dan memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik dan berjiwa nasionalis religius.

“PKS memandang bahwa figur Bapak Anies Rasyid Baswedan adalah salah satu tokoh nasional yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik, berjiwa nasionalis religius, memiliki kapasitas untuk memimpin bangsa dan mampu menjadi simbol perubahan untuk Indonesia di masa mendatang,” kata dia.

PKS, kata Syaikhu, menghormati sikap politik Partai Nasdem yang memilih lebih awal untuk mendeklarasikan Bakal Calon Presiden RI. Setiap partai politik memiliki mekanisme internal dalam memutuskan sikapnya terkait koalisi dan pencapresan. Namun, PKS baru akan memutuskan koalisi nanti setelah Musyawarah Majelis Syuro.

“Keputusan koalisi dan pencapresan di internal PKS akan ditentukan dalam mekanisme Musyawarah Majelis Syuro,” kata dia.

Meski demikian, ia memastikan komunikasi politik antara PKS, Partai Nasdem dan Partai Demokrat terus berlansung dan semakin intens.

“Kami bersyukur bahwa komunikasi politik antara PKS, Partai Nasdem dan Partai Demokrat berlansung sangat baik, terbuka, setara dan mengedepankan rasa saling percaya untuk bersama-sama memilih calon pemimpin bangsa yang terbaik bagi rakyat Indonesia,” pungkasnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Demokrat Juga Sambut Baik

 Partai Demokrat menyambut baik langkah Partai Nasdem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024. Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, deklarasi terhadap Anies telah diketahui partainya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai calon mitra koalisi.

"Demokrat menyambut baik langkah Nasdem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai Nasdem untuk Pilpres 2024, berikut juga deklarasi hari ini sebelumnya juga sudah dikomunikaskan dengan kami," kata Herzaky di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Pria karib disapa Zaky ini mengatakan, hal-hal substantif selanjutnya soal deklarasi koalisi antara partainya dengan Nasdem dan PKS atau pun sosok pasangan atau yang akan dipasangkan dengan Anies akan segera dibahas.

"Dalam penentuan capres dan cawapres, ketiga partai ini sepakat untuk memiliki semangat perubahan dan perbaikan, juga komunikasi yang sudah baik akan terus berlanjut," ucap Zaky.

Anies Baswedan saat ini sudah dideklarasikan oleh Partai Nasdem sebagai capres 2024. Menyambut deklarasi itu, Anies mengaku siap untuk mengemban amanah tersebut.

"Dengan mengucap Bismilah, saya siap," kata Anies di NasDem Tower hari ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.