Sukses

Sertijab Danyon 32 Kopassus, Letkol Inf Paulus Pandjaitan Akan Jadi Aspenmil di Amerika

Serah terima jabatan berlangsung di Lapangan Alfred Tarega Grup 3 Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta Letkol Inf Paulus Pandjaitan resmi menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Mayor Inf Doni Fransisco pada Batalyon 32 Grup 3 Kopassus. Selanjutnya, Letkol Paulus akan menjabat sebagai Asisten Penasehat Militer Perwakilan Tetap Republik Indonesia (Aspenmil PT RI) di Amerika Serikat.

Serah terima jabatan berlangsung di Lapangan Alfred Tarega Grup 3 Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022). Upacara serah terima jabatan berjalan tertib dan khidmat.

“Baru saja telah kita menyaksikan prosesi serah terima jabatan Komandan Batalyon 32 Grup 3 Kopassus. Dengan demikian, tugas, wewenang dan tanggung jawab lama, secara resmi telah beralih kepada pejabat yang baru,” ujar Komandan Grup 3 Kopassus Kolonel Inf Donny Pramono saat memberikan sambutan.

Menurut Donny, pergantian jabatan merupakan hal rutin dalam setiap organisasi militer, karena hal tersebut pada hakekatnya merupakan bagian dari upaya pengembangan dan peningkatan kinerja serta mewujudkan efektifitas organisasi dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas pokok satuan, sekaligus upaya penyegaran dalam rangka pembinaan satuan dan personel.

“Melalui serah terima jabatan ini diharapkan dapat memacu semangat dan kreativitas, sehingga melahirkan ide dan pemikiran yang lebih segar dalam rangka memberikan pengabdian yang terbaik kepada Grup 3 Kopassus dan demi kamajuan satuan Kopassus yang kita cintai bersama,” katanya.

Letkol Paulus Pandjaitan dianggap sudah banyak memberikan kontribusi selama memimpin Batalyon 32 Grup 3 Kopassus. Misalnya, dia membangun fasilitas sporthall dan garasi batalyon 32, pembangunan gazebo dan kebun apsanuma dan pembangunan desk lingstra batalyon 32.

Prestasi lain Letkol Paulus Pandjaitan adalah berhasil membawa pasukannya juara 1 lomba menembak grup 3 kopassus, juara 2 tennis meja danjen kopassus cup 2022 dan juara 1 lomba inovasi Binsat TNI AD Atletics Open Danjen Kopassus Cup.

Tak sampai di situ, Letkol Paulus Pandjaitan juga dianggap sebagai pemimpin humanis, dekat dengan prajurit. Dalam hal sosial, Letkol Paulus Pandjaitan dikenal sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat. Itu terlihat ketika menyalurkan pemberian tunjungan hari raya (THR) kepada yatim piatu.

Kepada Mayor Inf Doni Fransisco dengan bekal pengalaman dan dilandasi semangat pengabdian yang tinggi, Donny meyakini Doni Fransisco akan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya serta mampu mewujudkan kinerja yang semakin berkualitas demi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Grup 3 Kopassus dalam rangka mendukung tugas pokok Kopassus.

Dia menjelaskan, bahwa Batalyon 32 dengan Sesanti “Apta Sandi Prayudha Utama” yang memiliki makna Kesatuan kedua dari Grup 3 Kopassus yang berisikan para prajurit Sandi Yudha yang manpu memberikan informasi yang tepat tentang musuh kepada satuan sebelum perang dimulai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Miliki Integritas dan Dedikasi Tinggi

Untuk mewujudkan sesanti tersebut, menurutnya, bukanlah sesuatu yang mudah, sehingga harus selalu belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan perorangan maupun kolompok.

“Oleh karenanya prajurit Sandi Yudha sudah semestinya diawaki oleh personel-personel yang dewasa dalam berpikir, bertindak, serta memiliki tingkat intelegensia tinggi, yang selalu cepat tanggap dalam menghadapi dinamika situasi yang terus berkembang,” paparnya.

Untuk mendukung proses tersebut, Donny menegaskan, diperlukan kemampuan kepemimpinan dan manajerial perwira yang memiliki integritas dan dedikasi yang dilandasi dengan semangat, tulus dan ikhlas sehingga dapat menjalankan peran dan fungsinya dalam meningkatkan kualitas pembinaan satuan.

“Selanjutnya atas integritas dan dedikasi yang tinggi, yang telah ditunjukkan oleh mantan Danyon 32, Letkol Inf Paulus Pandjaitan, saya selaku Dangrup 3 Kopassus, beserta Grup 3 Kopassus mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas tugas, wewenang dan tanggung jawab atas jabatan yang telah dilaksanakan dengan baik selama ini,” katanya.

“Demikian juga, kepada Ibu Novella Paulus Pandjaitan, sebagai mantan ketua Persit KCK Ranting 3 Cabang V Grup 3 Pengurus Cabang BS Kopassus, yang telah dengan setia mendampingi suaminya dalam melaksanakan fungsi Pembinaan Persit di dlingkungan Batalyon 32 Grup 3 Kopassus,” tukasnya

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Ucapkan Selamat

Pada kesempatan ini, Donny juga mengucapkan selamat bertugas kepada Mayor inf Doni Fransisco beserta istrinya yang baru saja memegang tongkat komando, yang diberikan kepercayaan oleh Satuan untuk memimpin Batalyon 32 Grup Kopassus serta Ketua Persit KCK Ranting 3 Cabang V Grup 3 Pengurus Cabang BS Kopassus.

Donny percaya Mayor inf Doni Fransisco dan istrinya akan mampu memimpin institusi dengan baik. Sehingga di masa akhir jabatan nanti, akan dikenang secara positif. Donny juga mengingatkan, bahwa jabatan yang disandang, merupakan amanah dari Tuhan.

“Maka dari itu selalu berbuatlah yang terbaik sehingga dengan jabatan yang saudara emban dapat memberikan kontribusi kepada Satuan. Demikain amanat saya, semoga Tuhan senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada Kopassus, Bangsa dan Negara yang kita cintai,” pungkas Donny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.