Sukses

Kata Golkar dan Demokrat soal Lawatan Jokowi ke China, Jepang, dan Korsel

Kunjungan Jokowi itu disebutkan tidak untuk menambah utang, melainkan untuk membahas dan belajar mengenai investasi di tiga negara yang tengah tumbuh tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Wasekjen Golkar Bobby Adhityo Rizaldi menyatakan, kunjungan kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke China, Jepang, dan Korsel merupakan kunjungan yang tepat untuk meningkatkan hubungan antarnegara.

“Iya, saya rasa itu kunjungan kerja yang tepat, sekaligus mempererat hubungan bilateral dengan masing-masing negara yang saat ini berinvestasi dengan nilai signifikan besar di Indonesia di berbagai sektor,” kata Bobby pada Liputan6.com, Selasa (26/7/2022).

Anggota Komisi I itu menyebut, kunjungan Jokowi tidak untuk menambah utang, melainkan untuk membahas dan belajar mengenai investasi di tiga negara yang tengah tumbuh tersebut.

“Kunjungan ini memastikan bahwa investasi ketiga negara sahabat tersebut tetap tumbuh dan meningkat, yang diharapkan bukan hanya G (goverment) to G tapi juga dari sektor swasta, karenanya di Jepang dan Korea Selatan, Presiden juga diagendakan bertemu dengan kalangan bisnis setempat. Menurut saya, ini kunjungan kerja yang efektif,” kata dia.

Sementara itu, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, menyatakan Demokrat menghormati kunjungan kerja Presiden ke tiga negara di Asia Timur yang membawa misi penguatan kerja sama di bidang ekonomi. Namun, Demokrat meminta kunker tersebut tidak membawa Indonesia kembali menambah utang ke Tiongkok.

“Presiden Jokowi mesti memastikan agenda ekonomi yang dijalankan pada misi ini untuk kepentingan ekonomi nasional, bukan sebaliknya yang malah bisa membawa Indonesia terjerumus pada jebakan utang (debt trap) sebagaimana yang dialami beberapa negara yang terancam gagal akibat “Jebakan Utang China”,” kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Masuk Perangkap Utang China

Kamhar menyebut Indonesia tidak boleh masuk “perangkap” utang lagi. “Indonesia memiliki beberapa proyek besar yang didanai utang dari China, jika tak terkelola baik ini bisa membawa negara kita masuk perangkap,” tegasnya.

Menurut Kamhar, Jokowi harus ingat bahwa memiliki janji kampanye untuk tidak kembali menambah utang negara.

“Kami mengingatkan hati-hati berutang, dan hati-hati dalam mengelola utang apalagi saat ini utang kita tertinggi sepanjang sejarah republik ini berdiri. Kenyataan yang kita dapati ini sangat jauh berbeda dengan janji kampanye Jokowi pada 2014 yang lalu yang menyatakan menolak utang luar negeri, ternyata menjadi pengutang terbesar dan berpotensi membawa Indonesia pada jurang jebakan utang. Kita berharap kunjungan Presiden ini bisa melakukan negosiasi yang positif, bukan untuk menambah utang melainkan untuk skema pengalihan utang,” pungkas dia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Asia Timur adalah salah sebuah sub-wilayah Asia. Luasnya sekitar 11.840.000 km², atau 15 persen dari benua tersebut.

    Asia Timur

  • Golkar

  • Demokrat

  • korsel