Sukses

Anies: Saya Serahkan JIS kepada The Jak Mania, Warga Jakarta dan Bangsa Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghelat Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (24/7/2022) malam. Acara tersebut dihadiri oleh para The Jak mania yang memenuhi tribun untuk menyaksikan pertandingan persahabatan antara Persija Jakarta melawan Chonburi FC dari Thailand.

Dalam sambutannya, Anies menyebut bahwa malam hari ini adalah malam yang ditunggu sejak lama dan sesuai apa yang dijanjikan Anies, yakni Persija memiliki stadion sebagai homebase mereka.

“Akhirnya hari yang ditunggu itu, yang dinanti bertahun-tahun malam ini mencapai ujungnya. Alhamdulillah malam ini kita sama-sama hadir menuntaskan fase perjuangan. Di tempat ini telah lama dicanangkan, dijanjikan, dan hari ini janji itu dibayar tunai,” terangnya.

Anies menyerahkan JIS pada The Jak Mania untuk benar-benar dijaga, sebab JIS bukan hanya stadion melainkan juga rumah bagi warga Jakarta.

“Hari ini saya menyerahkan JIS kepada the Jakmania, kepada warga Jakarta, dan kepada bangsa Indonesia. Jagalah tempat ini dengan sebaik-baiknya, ini adalah rumah kita dan mempersatukan kita semua,” kata Anies.

Anies juga mendedikasikan JIS bukan hanya untuk para The Jak Mania, tapi Jakarta, serta Indonesia. Maka dari itu Anies mengapresiasi dukungan dari The Jak Mania, Jakpro, dan jajaran Pemprov DKI serta Pemerintah Pusat dalam terwujudnya JIS sebagai stadion berkelas internasional.

 

2 dari 4 halaman

Sampaikan Terima Kasih

“Hari ini mahakarya berdiri di Jakarta, dipersembahkan untuk The Jakmania, warga Jakarta dan Bangsa Indonesia. Mahakarya ini adalah dibangun 100 persen oleh keringat anak bangsa. Perjuangan ini diawali dengan modal utama yakni dukungan luar biasa dari The Jak Mania, dari mulai janji itu diungkapkan, dan The Jak bersedia mempercayai janji itu,” paparnya.

Nantinya, Anies menyebut akan datang ke JIS buka lagi sebagai Gubernur DKI, melainkan sebagai pendukung Persija atau Jakmania.

“Izinkan ini adalah bulan-bulan terakhir penuntasan masa tugas saya di Jakarta. Sesudah itu saya akan datang dan duduk sebagai The Jak Mania bersama dengan semua,” tandasnya.

Anies lantas menyampaikan terima kasih kepada pekerja hingga Presiden atas dukungan hingga JIS terbangun. Namun, ucapan terima kasih Anies ke Jokowi disambut sorakan oleh penonton.

“Dan dukungan pemerintah pusat khususnya kepada pak presiden yang mendukung proyek ini hingga tuntas,” kata Anies

3 dari 4 halaman

Jokowi Tak Hadir

Pemprov DKI Jakarta akan melakukan acara Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta.

Meski disebut terbuka dan mengundang semua tokoh, kemungkinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan jika Presiden Jokowi telah memiliki agenda lain hari ini. Hal mengartikan, Jokowi tidak akan hadir pada acara yang dijelat pada malam nanti.

“Sudah ada kegiatan lain yang terjadwal sebelumnya,” jelas Heru saat dikonfirmasi awak media, Minggu (24/7/2022).

Meski demikian, Heru membenarkan jika Istana sudah mendapat pemberitahuan acara terkait.

“Surat permohonan saja,” singkat dia.

4 dari 4 halaman

Pembatas Tribun Jebol

Pembatas tribun Jakarta International Stadium (JIS) jebol di tengah acara grand launching pada hari ini, Minggu (24/7/2022).

Seorang penonton diduga JakMania terjatuh dan dibopong oleh petugas.

Berdasarkan pantuan Liputan6.com di lokasi, kejadian pembatas robos terjadi di curva nord JIS. Sejak awal sisi utara memang lebih ramai dengan Jakmania yang membentangkan berbagai spanduk.

Awalnya, para penonton antusias menonton penampilan Dewa 19 Ft. Virzha. Namun, usai membawakan lagu 'Kangen', suporter Persija kemudian menyanyikan yel-yel dan tiba-tiba pembatas tribun yang sebelumnya sudah digantungi spanduk “Curva Nord Persija” itu jebol dan membuat beberapa penonton terjatuh.

Para petugas dari Satpol PP dan Dinkes langsung membawanya ke arah dalam stadion. Hingga sampai berita ini diturunkan, belum diketahui bagaimana kondisi suporter tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.