Sukses

Pemkot Tangerang Selatan Masih Tangani 17 Titik Banjir

DSDABMBK Kota Tangerang Selatan, menuturkan, masih berupaya menangani permasalahan banjir dan genangan yang terjadi di 17 titik di Kota Tangsel.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangerang Selatan, menuturkan, masih berupaya menangani permasalahan banjir dan genangan yang terjadi di 17 titik di Kota Tangsel.

Diketahui, sejak Sabtu 16 Juli 2022, hujan memang mengguyur wilayah Jabodetabek dengan intensitas yang beragam.

Kepala DSDABMBK Kota Tangsel, Robby Cahyadi, mengungkapkan, penanganan permasalahan banjir saat ini dilakukan secara darurat dengan melakukan tindakan-tindakan cepat dan tepat guna mengurangi volume air.

"Sementara kami masih penanganan darurat di Vila Bintaro Regency dan Pondok Maharta, juga ada tembok tanggul buatan warga yang jebol," tutur Robby, Minggu (17/7/2022).

Dia menjelaskan, penanganan darurat dimaksud dalam menuntaskan persoalan banjir di masyarakat, diantaranya dengan membuat tanggul sementara menggunakan karung pasir.

"Penanganan darurat saja, pemasangan tanggul darurat dari karung pasir, penyedotan genangan dengan pompa, pembersihan puing dan sampah," jelas Robby.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Lakukan Normalisasi

DSDABMBK juga mengklaim, sebelum musim penghujan tiba, sebenarnya pihaknya telah melakukan upaya normalisasi kali dan anak kali yang melintasi kawasan perumahan langganan banjir di Tangsel.

"Normaliasasi sebelum banjir sudah dilakukan. Baik di sungai, kali, tandon air arau drainase. Saat ini kami sedang penanganan beberapa titik banjir, melancarkan aliran kali Angke salah satunya," jelas Robby.

Robby mengaku, dengan intensitas hujan tinggi seperti Jumat kemarin, aliran kali Angke di Tangsel, menjadi tersendat akibat dari tumpukan sampah di sepanjang aliran kali.

"Banyak bambu melintang dan jadi tumpukan sampah di aliran kali," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.