Sukses

Ribuan Jemaah Muhammadiyah Salat Idul Adha di Lapangan Sempur Bogor

Ribuan jemaah Muhammadiyah melaksanakan salat Idul Adha Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu 9 Juli 2022 pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan jemaah Muhammadiyah melaksanakan salat Idul Adha Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu 9 Juli 2022 pagi.

Jemaah sudah mulai memadati tempat salat pukul 06.30 WIB. Para jamaah datang bersama anggota keluarga dengan membawa perlengkapan salat lengkap seperti sajadah, mukenah bagi perempuan dan alas sajadah berupa tikar kecil atau koran.

Untuk jemaah laki-laki ada yang menggunakan sarung, celana panjang, serta gamis. Sedangkan jemaah perempuan mengenakan mukena warna warni.

Salat di Hari Raya Kurban dimulai tepat pukul 07.00 WIB dengan imam Ketua Lembaga Hubungan dan Kerja Sama Internasional Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Muhyidin Junaidi.

Ibadah salat itu pun berjalan dengan lancar, tenang, dan khusyuk. Semua jemaah tertib mendengarkan khotbah yang disampaikan setelah salat.

Dalam khutbahnya KH. Muhyidin mengajak kepada para jemaah untuk mentauladani sosok Nabi Ibrahim.

“Kita harus siap berkorban dalam berjihad di jalan Allah, Ibrahim tidak pernah mundur dalam menegakkan keadilan," kata Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini.

"Keturunan Nabi Ibrahim, kita tidak boleh mengeluh kepada manusia, mengeluh lah kepada Allah," ucapnya.

Pelaksanaan salat Idul Adha di Lapangan Sempur diselenggarakan PD Muhammadiyah Kota Bogor. Lapangan Sempur menjadi pusat pelaksanaan salat Idul Adha tahun ini untuk jemaah Muhammadiyah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Jemaah Laksanakan Salat Idul Adha di Depan Gedung Perguruan Muhammadiyah, Tanah Abang

Ribuan jemaah ikuti salat Idul Adha yang digelar PP Muhammadiyah di depan Gedung Perguruan Muhammadiyah, Tanah Abang, Jakarta Pusat dengan penuh antusias, Sabtu, (9/7/2022).

Dikutip dari Antara, jamaah mulai berdatang sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 07.00. Banyak jamaah dari berbagai daerah datang bersama anggota keluarga dengan membawa perlengkapan salat lengkap seperti sajadah, mukenah bagi perempuan dan alas sajadah berupa tikar kecil atau koran.

Salat Idul Adha ini dipimpin oleh Ust. Drs. Khaidir Sulaiman, MA sebagai imam serta khatib.

Jamaah juga nampak tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker agar terhindar dari penularan virus COVID-19. Beberapa juga nampak membawa handsanitizer.

Karena jamaah yang membludak, panitia membuka lapangan basket dari SMK Muhammadiyah 2 untuk dijadikan sebagai lokasi salat Idul Adha. Dalam hitungan menit, seluruh area lapangan pun sudah penuh.

“Karena di depan langsung penuh jadi di belakang gedung ada lapangan basket. Kita bisa minta jamaah salat di sana karena lebih luas dan bersih, kalau di depan kan agak dekat tong sampah,” kata salah satu panitia acara dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Sadiva.

Nampak panitia penyelenggara dari Muhammadiyah maupun Dinas Perhubungan (Dishub) yang dikerahkan mengatur lalu lintas dengan baik, sehingga pengguna jalan lainnya tidak terganggu dengan acara tersebut.

Salah seorang jamaah dari Menteng, Eka (16) mengaku bahagia dan antusiasi karena dapat salat Idul Adha dengan penuh khidmat bersama-sama setelah dua tahun dibatasi oleh pandemi COVID-19.

“Iya senang, sudah dua tahun pandemi bisa begini lagi. Penuh di mana-mana,” ujar Eka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.