Sukses

Zelensky ke Jokowi: Kehadiran Ukraina di KTT G20 Tergantung Situasi Keamanan

 

Liputan6.com, Jakarta Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan terima kasih atas dukungan dan undangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada Novemeber 2022.

Adapun Indonesia memegang keketuan dalam forum G20 2022.

Zelensky mengatakan kehadirannya di KTT G20 tergantung situasi keamanan di Ukraina. Selain itu, dia juga akan melihat komposisi partisipan yang hadir di KTT G20 Indonesia.

"Saya berterima kasih kepada Yang Mulia atas undangan anda untuk saya hadir di KTT G20 dan saya menerima undangan tersebut," kata Presiden Zelensky usai bertemu Jokowi di Istana Maryinsky Kyiv Ukraina, dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

"Tapi kehadiran Ukraina akan bergantung terhadap situasi keamanan di negara kita dan juga komposisi partisipan yang ada di KTT tersebut," sambungnya.

Sebagai pemegang presidensi G20 2022, kata dia, Indonesia merupakan negara yang kuat di ASEAN dan akan menjadi leketuaan ASEAN pada 2023. Zelensy menyebut kehadiran Jokowi di Ukraina merupakan awal untuk memperkuat koalisi melawan perang dan mengembalikan stabilitas di dunia.

"Kita mengapresiasi dukungan Indonesia dan juga dukungan pribadi personal Anda yang ada di masa perang tersebut untuk perjuangan kemerdekaan kita," ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Zelensky mengungkapkan dirinya dan Jokowi membahas beberapa agenda global. Salah satunya, mengangkat blokade Rusia di Lexi untuk meneruskan adanya ekspor gandum.

Menurut dia, tindakan Rusia tersebut mengancam adanya kelaparan di dunia. Zelensky juga menyampaikan Rusia memblokade ekspor dari Ukraina dan mendisrupsi pasar global.

"Sebelum invasi Rusia  kita tidak ada ancaman kelaparan dunia, tidak ada krisis pangan tidak ada krisis pangan dan saya sangat menyampaikan terima kasih atas dukungan presiden atas kemerdekaan serta kedaulatan serta integritas teritorial Ukraina," tutur Zelensky.

 

2 dari 2 halaman

Sampaikan Undangan untuk Zelenskyy

Sebelumnya, menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk berpartisipasi dalam KTT G20 yang akan diselenggarakan bulan November tahun ini di Bali.

Hal ini disampaikan Jokowi saat bertemu Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu 29 Juni 2022. Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkokoh kerja sama bilateral dengan Ukraina.

"Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Jokowi mengatakan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina. Dia menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun masih sangat sulit dicapai, Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," jelasnya.