Sukses

Tingkatkan Kompetensi Pegawai, PT BIB Gelar Pelatihan SMKP Bersama PPSDM Geominerba

Liputan6.com, Jakarta Pelatihan Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) kembali digelar. Kali ini, PPSDM Geominerba bekerja sama dengan PT Borneo Indobara yang bergerak pada bidang penambangan batubara untuk melaksanakan pelatihan tersebut.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara, Sunindyo Suryo Herdadi, Senin (13/6/2022) melalui video conference. Selain itu, dihadiri pula oleh Kepala Teknik Tambang dari PT BIB, Riadi Simka Pinem.

Diklat Implementasi SMKP ini diikuti oleh 32 peserta yang merupakan pegawai PT BIB selama enam hari, dimulai dari tanggal 13 Juni hingga 18 Juni 2022 secara online melalui Zoom. Melalui diklat Implementasi SMKP ini, PPSDM Geominerba berupaya untuk dapat membantu PT BIB dalam menyiapkan sumber daya manusia perusahaan pertambangan yang dapat melaksanakan penerapan, penilaian, dan pelaporan SMKP sesuai ketentuan peraturan perundangan.

Peraturan perundangan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2018 tentang pelaksanaan kaidah pertambangan yang baik dan pengawasan pertambangan mineral dan batubara. Peraturan itu telah memberikan amanat kepada perusahaan pertambangan untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) dengan melibatkan unsur. Mulai dari manajemen, pekerja, kondisi, dan lingkungan kerja yang terintegrasi dalam rangka melaksanakan kerja dengan aman, sehat, efisien, dan produktif.

Diklat ini juga menjadi ajang bagi PT BIB terhadap implementasi SMKP para pekerjanya di lingkungan kerja. PT BIB juga turut mematuhi regulasi terkait SKMP, dengan adanya diklat ini.

 

(*)