Sukses

Ridwan Kamil: Lindungi Dia dalam Kemegahanmu, Berjanjilah Wahai Sungai Aare

Jumat 3 Juni 2022 tengah malam, Ridwan Kamil mengunggah sebuah video dan puisi untuk melepas kepergian putra sulungnya di akun Twitternya.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarga menganggap Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril meninggal dunia akibat tenggelam di Sungai Aare. Keluarga pun memutuskan untuk pulang ke Tanah Air sembari terus menunggu hasil pencarian tim SAR pemerintah Swiss.

Jumat 3 Juni 2022 tengah malam, Ridwan Kamil mengunggah sebuah video dan puisi untuk melepas kepergian putra sulungnya di akun Twitternya. Video tersebut memperlihatkan sejumlah bunga, antara lain mawar putih, yang disematkan pada tali ungu di sebuah pohon. Tali itu juga mengikat tanda nama yang menjadi pengganti nisan Eril.

"In loving memory of Emmeril Kahn Mumtadz, Born 25 June '99 NYC, Passed 26 May '22 Bern," isi tulisan di penanda tersebut.

Ridwan Kamil dan Keluarga buatkan tanda bertuliskan nama Eril di area Sungai Aare, Bern, Swiss.

Video itu kemudian memperlihatkan indah sekaligus kuatnya arus Sungai Aare. Juga potret Ridwan Kamil dan sejumlah orang yang tengah salat gaib di tepi sungai tersebut.

Potretnya bersama istri Atalia Praratya dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra berada persis di tepi Sungai Aare melepaskan setangkai bunga mawar merah muda ke aliran sungai. 

Bersama dengan video itu, Ridwan Kamil mengunggah puisi tentang keikhlasannya melepas sang buah hati di pelukan Sungai Aare. 

"Wahai Sungai Aare, sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu. Sudah kukumandangkan adzan terbaikku dihadapanmu. Bahagiakan dia dalam keindahanmu. Selimuti dia dalam kehangatanmu. Lindungi dia dalam kemegahanmu," tulisnya.

"Sucikan dia dalam kejernihanmu. Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasadnya di dasarmu. Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik sejatinya, Allah SWT. Berjanjilah pada kami, wahai Sungai Aare," lanjut dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Maaf

Ridwan Kamil mengatakan ikhlas menerima kepergian Eril karena terseret arus usai berenang di sana. Dia pun meminta maaf atas kekhilafan dan kesalahan Eril selama hidup di dunia.

"Innalilahi wainna illaihi rajiun, Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan," tulis Ridwan Kamil di akun Twitternya.

Dia juga memberitahukan, keluarga akan melaksanakan doa bersama usai salat zuhir dan ashar pada hari ini, Sabtu (4/6/2022) di Gedung Pakuan Bandung.

"Kami sekelurga sudah kembali ke tanah air dan akan melaksanakan doa bersama bada zuhur dan bada ashar, besok Sabtu bagi yang berkenan di kediaman Gedung Pakuan Bandung. Hatur nuhun," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Menurut dia, pencarian jenazah Eril akan terus dilakukan oleh pihak Swiss.

"Pencarian jasad Eril akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan."

3 dari 4 halaman

Keluarga Sehat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, beserta istri dan anaknya, Atalia Praratya dan Camililia Azzahra, dipastikan dalam keadaan sehat saat tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta).

Hal tersebut dipastikan oleh Jubir Pemprov Jawa Barat, Wahyu Mijaya, saat ditemui di Gate 1 Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jumat (3/6/2022).

"Alhamdulillah sehat, kalau melihat fisik. Mohon doanya semua untuk kesehatan beliau beserta keluarga," ungkap Wahyu.

Selama di Swiss, Ridwan Kamil pun memantau langsung proses pencarian anak sulungnya Emmeril Khan Mumtadz yang dinyatakan tenggelam di Sungai Aare. Di beberapa postingan di berbagai media sosial, Kang Emil sempat terlihat menyusuri pinggir sungai.

"Artinya, pak Gubernur juga tidak hanya melihat atau mempercayakan, beliau juga ikut serta dalam pencarian. Namun Allah belum memberikan, mempertemukan ananda Eril dengan keluarga," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Berkonsultasi dengan MUI

Erwin Muniruzaman selaku perwakilan keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan bahwa keluarga telah mengikhlaskan Emmeril Kahn Mumtadz. Sampai saat ini, Eril sapaan Emmeril Kahn Mumtadz, belum ditemukan sejak menghilang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss.

"Kami telah menyimak seluruh proses pencarian, dan dipastikan seluruh ikhtiar dilakukan secara maksimal. Kang Emil (Ridwan Kamil) dan Teh Lia (Atalia Praratya Kamil) ikhlas dan meyakini Eril sudah berpulang ke rahmatullah karena tenggelam," kata Erwin di Gedung Pakuan Kota Bandung, Jumat (3/6/2022).

 Pihak keluarga telah berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar terkait dengan kondisi ini dan pihak MUI memberi nasihat segera dilakukan salat ghaib guna menunaikan hak almarhum Eril sebagai muslim.

"Kami sekeluarga bertemu dengan MUI, dan sudah melaksanakan salat ghaib untuk Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) bin Mochamad Ridwan Kamil. MUI Jabar pun sudah menerbitkan seruan, dan kami juga selaku keluarga meminta masyarakat untuk dapat melaksanakan salat ghaib untuk keponakan kami, Emmeril," imbuh Erwin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.