Sukses

Ridwan Kamil soal Pencarian Eril: Terima Kasih kepada Semua yang Sudah Mendoakan

Kepada para khalayak, Ridwan Kamil melalui akun Twitter pribadinya, Senin (30/5/2022) malam, mencuitkan rasa terima kasih atas doa yang terus diberikan kepada putra dan keluarganya.

Liputan6.com, Jakarta Pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril) yang terbawa arus Sungai Aare, Bern di Swiss masih belum membuahkan hasil sejak hari pertama pencarian, Kamis 26 Mei 2022.

Kepada para khalayak, Ridwan Kamil melalui akun Twitter pribadinya, Senin (30/5/2022) malam, mencuitkan rasa terima kasih atas doa yang terus diberikan kepada putra dan keluarganya.

"Dan terima kasih dari kami sekeluarga kepada semua yang sudah ikhlas mendoakan dan melaksanakan doa bersama," cuit pria yang karib disapa Kang Emil ini, seperti dilihat Liputan6.com, Selasa (31/5/2022)

"Semoga Allah membalas ketulusan hati Anda semua, Jazakallah," sambungnya.

Emil juga menegaskan pencarian putra sulungnya masih akan terus dilanjutkan. Menurut dia, hal tersebut merupakan ikhtiar terbaik demi menemukan Eril.

"Mohon doanya, pencarian ananda Eril masih terus dilakukan, semoga Allah memudahkan ikhtiar ini, Amin," kata dia.

Sebelumnya, Duta Besar Republik Indonesia Untuk Swiss, Muliaman Hadad menyampaikan, pencarian korban hilang karena hanyut terbawa deras arus Sungai Aare di Bern tidak ada batas waktu. Termasuk untuk menemukan keberadaan Eril.

"Tidak ada spesifikasi waktu kapan pencarian akan dihentikan, saat ketemu Tim Search and Rescue (SAR) mereka bilang ini adalah tugasnya dalam melakukan hal itu (pencarian korban)," kata Muliaman saat jumpa pers daring, Sabtu 28 Mei 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Maksimal

Muliaman menambahkan, pencarian akan dilakukan secara terus menerus setiap harinya. Dia meyakini, hal itu menjadi upaya maksimal yang dilakukan oleh pihak otoritas Swiss.

"Pencarian akan terus berlangsung setiap hari dan menjadi bagian tak terpisah dalam upaya Tim SAR ini," kata dia.

Muliaman memastikan, pencarian terhadap Eril sudah dilakukan sejak laporan pertama diterima Tim SAR pada hari terjadinya insiden, Kamis 26 Mei 2022. Meski berselang 1x24 jam belum menemukan hasil, namun pencarian masih terus dilakukan hari ini dan selanjutnya.

Selain itu, Muliaman menjelaskan, pencarian korban hilang karena hanyut terbawa deras arus Sungai Aare umumnya dapat ditemukan. Namun demikian, waktunya yang berbeda-beda bergantung pada situasi dan kondisi cuaca.

"Tiga hari pertama sering ditemukan, tapi mayoritas kejadian 99,99 persen ditemukan 3 minggu, itu menurut Tim Search and Rescue (SAR) berdasar pengalaman mereka selama bertahun-tahun," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Ajukan Yellow Notice

Polri telah mengajukan surat permohonan pencarian orang hilang atau Yellow Notice ke Interpol Swiss untuk anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang karena hanyut di Sungai Aare di Kota Bern, Swiss.

"Langkah atase kepolisian Kombes Ade, atase kepolisian itu berada di Jerman, negara yang paling dekat dengan Swiss, sudah menghubungi Polisi Swiss, termasuk Polisi Perairan Swiss, kemudian tim SAR yang ada di Swiss, untuk memberikan informasi dan tentu juga operasi terhadap pencarian korban," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/5/2022).

Menurut Ahmad, Yellow Notice disampaikan oleh Polri melalui Div Hubinter, dalam hal ini Sekretaris NCB Interpol Indonesia kepada Interpol Pusat Lyon dan Bern di Swiss.

"Nanti kita tunggu updatenya perkembangan informasi dari Interpol Bern di Swiss," kata Ahmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.