Sukses

Ganjar Pernah Ditegur Megawati Soal Banjir Rob, Ini Saran Politikus PDIP

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pernah diingatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal ancaman banjir rob akibat kenaikan air laut. Ternyata, peringatan Megawati itu kejadian.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pernah diingatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal ancaman banjir rob akibat kenaikan air laut. Ternyata, peringatan Megawati itu kejadian.

Wilayah pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah, area pelabuhan Tanjung Emas dan kawasan industri tergenang banjir rob dengan ketinggian 50 sentimeter hingga 1 meter. Penyebabnya jebolnya tanggul Tambak Mulyo, Kelurahan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ini diperparah hantaman gelombang laut.

Politikus PDIP, Hendrawan Supratikno, mengatakan, memang sudah seharusnya kepala daerah, termasuk Ganjar, mengambil langkah konsisten untuk mengatasi ancaman rob. Khususnya di daerah pantai utara Pulau Jawa. Daerah Pantura selalu ada ancaman banjir rob, abrasi dan penurunan tanah akibat faktor alam.

"Faktor alam membuat pantura rawan abrasi, rob, dan penurunan tanah. Dibutuhkan langkah-langkah serius dan konsisten untuk mengatasinya," tegas Hendrawan kepada wartawan, Rabu (25/5).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perubahan Iklim

Hendrawan sepakat bahwa faktor perubahan iklim sudah sangat nyata. Megawati juga pernah bicara mengingatkan kepada Ganjar ancaman perubahan iklim tersebut.

"Dampak perubahan iklim sudah sangat nyata. Tepat bila protokol PBB soal ini menjadi keprihatinan dan program kerja bersama," jelas anggota Komisi XI DPR RI ini.

3 dari 3 halaman

Mitigasi

Untuk itu, Ganjar juga harus membuat program kerja untuk memitigasi ancaman banjir rob di wilayah pantura. Kepala daerah harus membuat program kerja yang terkoordinasi dengan baik.

"Menteri PUPR harus membuat perencanaan menyeluruh terpadu lintas wilayah. Untuk kepala daerah di seluruh pantura, program kerja untuk memitigasi hal tersebut harus dilaksanakan dan terkoordinasi dengan baik," ucapnya.

Sumber: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.
    Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.

    Banjir ROB

  • PDIP