Sukses

Kapolda dan Pangdam Jaya Tinjau Arus Mudik Lebaran 2022 di Bandara Soetta

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadli Imran dan Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto memantau arus mudik Lebaran 2022 di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Sabtu (30/4/2022).

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Metro Jaya Irjen Fadli Imran dan Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto memantau arus mudik Lebaran 2022 di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Sabtu (30/4/2022). Keduanya kompak menyebut kondisi di bandara tersibuk di Indonesia itu aman terkendali selama arus mudik 2022.

Saat datang, keduanya memantau terminal kedatangan Domestik Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Lalu menyapa pemudik, menanyakan adakah hambatan yang mereka hadapi.

"Saya bersama Pangdam Jaya melihat arus mudik melalui Bandara Soekarno Hatta, dalam beberapa hari memang kemarin ada peningkatan volume penumpang," kata Fadli, usai melakukan tinjauan, Tangerang, Sabtu (30/4/2022).

Selain melihat langsung keramaian Terminal 3, keduanya pun mendapat laporan langsung dari posko pengamanan Lebaran, jika tidak ada hambatan berarti di bandar udara itu.

"Menurut laporan posko Trrminal 3 belum ada kejadian menonjol, kecuali keramaian karena peningkatan volume. Khususnya di pagi hari, karena memang pagi hari itu jam sibuk untuk semua jurusan, baik ke timur, ke barat maupun ke seluruh wilayah lain di Indonesia," kata Fadli.

Dia pun mengapresiasi langkah sejumlah maskapai untuk membuka posko vaksinasi di bandara. Sehingga, masyarakat yang ingin melakukan booster, bisa langsung mendatangi posko yang tersedia, di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3.

"Kami Forkopimda DKI, Polda, Kodam akan terus berikhtiar untuk melancarkan arus mudik ini. Nanti malam juga saya undang teman-teman wartawan, saya dengan Pangdam akan melaksanakan patroli dialogis menjaga rumah warga yang sudah mudik," tuturnya. 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puncak Arus Mudik Sudah Lewat

Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta (Bandara Soetta) Tangerang, Banten memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2022 di wilayahnya sudah lewat pada H-4 lebaran atau pada 28 April 2022 lalu.

"Perkiraan puncak arus mudik lebaran sudah terjadi pada tanggal 28 April lalu. Dengan pergerakan penumpang 135 ribu orang dan pesawat menembus 1.040 pergerakan," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Sabtu (30/4/2022).

Lalu, lanjut Awaluddin, pada 29 April atau H-3, naik lagi ke angka 141 ribu penumpang dengan 1.052 pergerakan pesawat.

Untuk hari ini atau pada H-2 lebaran 2022, jumlah penumpang arus mudik lewat jalur udara masih padat, namun tidak sebanyak dua hari sebelumnya.

"Dengan prediksi hari ini yakni pergerakan pesawat sebanyak 903 dan 132 ribu penumpang," kata Awaluddin.

Angkutan Lebaran 2022 di Bandara Soetta juga akan terus berlangsung sampai besok atau H-1 Lebaran. Namun jumlahnya akan terus menurun, sebab pemudik sudah didistribusi lebih cepat sejak H-5 lalu.

Sementara, berdasarkan pantauan di Terminal 1 dan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, pemudik masih memadati pintu masuk menuju area check in. Bahkan, mereka lebih memilih berangkat lebih awal, karena khawatir masih terjadi peningkatan penumpang.

 

3 dari 4 halaman

Pergerakan Penumpang Bandara Soetta Naik

Sebelumnya, pelaksanaan Angkutan Mudik Lebaran 2022 di seluruh bandara PT Angkasa Pura II berjalan lancar. AP II dan stakeholder memastikan bahwa aspek keamanan, keselamatan, pelayanan dan protokol kesehatan menjadi fokus utama dalam menyambut pemudik di seluruh bandara perseroan.

Sejalan dengan hal ini, pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II pada Angkutan Lebaran 2022 saat arus mudik H-10 hingga H-4 (22 - 28 April) mencapai 1,08 juta orang dan dapat terlayani dengan baik. Pada periode tersebut, pergerakan pesawat mencapai 9.416 penerbangan.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, pergerakan penumpang pada H-10 hingga H-4 tercatat sebanyak 778.529 orang dengan 6.467 penerbangan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi koordinasi dan kolaborasi yang baik di antara pemangku kepentingan di sektor perhubungan udara.

"Secara umum saya mengapresiasi kolaborasi antara operator bandara, operator sarana dan navigasi karena mereka kompak," ujar Menhub saat memantau Angkutan Lebaran 2022 di kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

Menhub juga menuturkan peningkatan lalu lintas penerbangan selama Angleb 2022 menjadi kabar baik bagi sektor penerbangan.

"Saya gembira sekali. Sesuai laporan Dirut Angkasa Pura II tadi, kemarin melampaui 1.000 penerbangan [Bandara Soekarno-Hatta]. Itu pertama kali dalam 2 tahun terakhir [sejak pandemi melanda]," jelas Menhub Budi.

 

4 dari 4 halaman

Pengaturan Lalu Lintas Penerbangan

Menhub Budi menuturkan AP II dan AirNav Indonesia agar tetap fokus dalam melakukan pengaturan lalu lintas penerbangan dengan baik.

Di tempat yang sama, President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis, 28 April 2022, mencapai 1.054 penerbangan atau sekitar 91 persen dari frekuensi penerbangan pada 2019 saat pandemi belum melanda.

"Selama 2 tahun terdampak pandemi, pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta setiap harinya tidak lebih dari 1.000 penerbangan/hari. Tapi, pada Kamis, 28 April 2022, pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta untuk pertama kalinya menembus lebih dari 1.000 penerbangan/hari, tepatnya 1.054 penerbangan, yang menggambarkan 91% dari kondisi saat belum ada pandemi COVID-19 pada 2019," terang dia.

"Koordinasi yang sangat baik antara AP II selaku operator Bandara Soekarno-Hatta, maskapai dan AirNav Indonesia dalam membuat pengaturan penerbangan, slot time, layanan ground handling dan sebagainya berjalan sangat baik meski kita berada di periode tingginya permintaan. Kami berterima kasih juga kepada para penumpang pesawat yang turut mendukung kelancaran Angleb 2022 di bandara AP II," ujar Muhammad Awaluddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.