Sukses

Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soekarno Hatta, Ada Sekitar 138 Ribu Penumpang

Capt Yufridon Gandoz Situmeang mengatakan, hari ini, Jumat (29/4/2022) merupakan puncak arus mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah 1 Kelas Utama Soekarno Hatta (Soetta), Capt Yufridon Gandoz Situmeang mengatakan, hari ini, Jumat (29/4/2022) merupakan puncak arus mudik Lebaran.

Meski demikian, dia menyadari Sabtu (30/4/2022) juga harus diwaspadai akan lonjakan pemudik. Karena itu pihaknya akan terus melakukan pengawasan.

"Puncak arus mudik sebenarnya akan jatuh pada hari ini. Namun, tentunya kita melihat bahwa antusiasme masyarakat masih tinggi, sehingga besok juga kita akan melakukan pengawasan," kata Gandoz di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang.

Dia menuturkan, para penumpang sejak beberapa hari terakhir mengalami kenaikan. Di mana hari ini tercatat ada 138 ribu penumpang.

"Kita dari Otban (Otoritas Bandara) melihat bahwa peningkatan sangat signifikan dari kemarin. Di mana, kemarin ada 135 ribu penumpang, sekarang 138 ribu," jelas Gandoz.

Dia menjelaskan,pihaknya juga menerima pemberitahuan terkait penerbangan tambahan (extra flight). Hampir semua maskapai yang memiliki rute dari Bandara Soetta mengajukan extra flight.

"Extra flight ini hampir semua maskapai mengajukan karena demand (permintaan) yang sangat tinggi, terutama mengarah ke Jawa Tengah, Jawa Timur, kemudian Sumatera juga ada. Kami dari regulator membuka peluang tersebut," kata Gandoz.

Di sisi lain, dia meminta para pemudik yang hendak berpergian menggunakan pesawat di Bandara Soetta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Baik di bandara maupun selama di perjalanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

720 Penerbangan Tambahan Diajukan Maskapai

Permintaan extra flight atau penerbangan tambahan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, bertambah menjadi 720 penerbangan. Bandara Soekarno Hatta dikelola oleh PT Angksa Pura II (Persero).

"Permintaan dari maskapai total extra flight dimintakan selama angkutan Lebaran ini 720 penerbangan,"ungkap Executive General Manager Bandara Soekarno Hatta, Agus Haryadi, Selasa (26/4/2022).

Dia menjelaskan, bila dikonfersikan ke jumlah tempat duduk di dalam pesawat, maka total ada penambahan 130 ribu tempat duduk atau seat. Dengan asumsi sebanyak 150 kursi per persawat.

Menurut Agus, angka penambahan penerbangan yang diajukan maskapai ini dirasa cukup untuk mengakomodir permintaan yang tinggi di musim mudik Lebaran 2022.

Meski begitu, dia mengimbau masyarakat untuk patuhi aturan pemerintah untuk mudik lebih awal, agar bisa mengurai kepadatan penumpang.

"Angka ini yang cukup memadai, sudah mengcover permintaan seat selama angkutan lebaran 2022. Jadi, kami mengimbau angkutan lebaran sudah cukup jadi masyarakat bisa mengikuti anjuran pemerintah, agar menghindari konsetrasi penumpukan penumpang," tutur Agus.

 

3 dari 4 halaman

AP II Operasikan Skytrain Bandara Soetta

Selama musim mudik Lebaran 2022, PT Angkasa Pura II kembali mengaktifkan layanan skytrain atau kalayang di Bandara Soekarno-Hatta.

Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno Hatta Agus Haryadi mengatakan, layanan kalayang Soekarno-Hatta itu diaktifkan kembali dengan tujuan mempermudah para penumpang untuk mengakses terminal, khususnya di angkutan lebaran 2022.

"Konsep operasi kalayang kita memang untuk mendukung selama angkutan lebaran. Jadi, sementara hanya dioperasikan dari tanggal 25 April 2022 hingga 10 Mei 2022," katanya, Senin (25/4/2022).

Sebelum resmi diaktifkan per hari ini, pihaknya telah lebih dulu melakukan uji coba seminggu sebelum digunakan, mengingat kereta layang tersebut sudah dua tahun tidak dioperasikan lantaran kasus Covid-19 yang sedang meningkat.

"Kemarin, satu minggu sebelum ini (kalayang) diaktifkan, kita sudah mulai melakukan trial (percobaan) yang lebih masif untuk memastikan semua fasilitas beroperasi dengan baik seperti kelistrikan dan signal-nya. InsyaAllah semuanya berjalan cukup baik dan lancar," ujarnya.

Nantinya, bila pergerakan penumpang di Bandara Soetta tembus 100 ribu per hari, maka pihaknya akan mempertimbangkan soal operasional kereta layang.

 

4 dari 4 halaman

Jam Operasional

Konsep operasional kalayang masih tetap sama seperti sebelum pandemi Covid-19. Ada dua unit kalayang dengan jam operasional mulai pukul 06.00-21.00 atau 15 jam setiap hari yang dioperasikan dengan kapasitas 176 orang.

"Saya kira (jam operasional) ini cukup karena pergerakan penumpang di malam hari ini juga cukup rendah,"ujarnya.

Untuk pola operasi Skytrain mulai dari Terminal 1 - Stasiun Kereta Bandara - Terminal 2 - Terminal 3 dan sebaliknya. Waktu pemberhentian di setiap shelter hanya 1 menit dan waktu kedatangan kalayang di setiap shelter per 13 menit.

"Jadi tidak ada yang berubah. Kita tidak melakukan modifikasi operasi karena saya pikir terlalu riskan. Jadi kalau hanya operasi satu train set, ini waktu tunggunya jadi lama sekali dan ini tidak efektif untuk pergerakan penumpang," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.