Sukses

Prosesi Penyerahan Tanah dan Air di IKN: Anies Ambil dari Jakarta Utara, Ridwan Kamil dari 27 Wilayah di Jabar

Anies menyerahkan langsung tanah dan air yang diambil dari kawasan Jakarta Utara. Jokowi pun menerima tanah dan air tersebut dan memasukkannya ke dalam satu gentong.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi memulai prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara, setibanya di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Adapun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi kepala daerah pertama yang menyerahkan tanah dan air kepada Jokowi.

Berdasarkan tayangan di Youtube Sekretariat Presiden, Anies Baswedan menyerahkan langsung tanah dan air yang diambil dari kawasan Jakarta Utara. Jokowi pun menerima tanah dan air tersebut dan memasukkannya ke dalam satu gentong.

Nantinya, tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia juga akan dimasukkan ke dalam satu gentong yang sama. Setelah Anies, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerahkan tanah dan air kepada Jokowi.

Prosesi dilanjutkan dengan penyerahan tanah dan air dari Provinsi Papua. Namun, kehadiran Gubernur Papua Lukas Enembe diwakilkan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Papua Y. Derek Hagemu.

Selanjutnya, para gubernur daerah lain dipangil satu persatu untuk menyerahkan tanah dan air kepada Jokowi. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan tanah dan air yang diambil dari 27 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa tanah dan air tersebut sebelumnya telah dibawa oleh gubernur dari masing-masing provinsi. Nantinya, para gubernur menyerahkan tanah dan air tersebut kepada Jokowi untuk kemudian disatukan.

"Prosesinya adalah para gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah di mana diambil dari titik-titik lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal masing-masing dan budaya masing-masing," jelas Heru dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin.

"Nanti di sana para gubernur akan menyerahkan kepada Bapak Presiden dan Bapak Presiden akan menuangkan di gentong yang sudah kami siapkan menjadi satu dari 34 provinsi," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdoa Agar pemindahan Ibu Kota Sukses

Menurut Heru, Jokowi bersama para gubernur dan tokoh masyarakat setempat akan menjalankan sebuah prosesi ritual doa di Ibu Kota Nusantara. Hal ini agar pemindahan IKN ke Kalimantan Timur dapat berjalan sesuai rencana.

"Memohon kepada Allah Swt., supaya program yang besar ini bisa berjalan dengan baik dan tentunya semua elemen masyarakat bisa mendukung," ujar dia.

Usai acara tersebut, Jokowi dan para gubernur juga dijadwalkan untuk melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer. Dalam kesempatan itu, setiap gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing.

Pada malam harinya, Jokowi direncanakan untuk bermalam di lokasi IKN untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.