Sukses

Mengenal Mario Aji, Pebalap Muda Indonesia yang Toreh Prestasi Ikut Moto3 GP 2022

Mario Suryo Aji atau Mario Aji merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia yang mengikuti ajang balap Moto3 GP 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Mario Suryo Aji atau Mario Aji merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia yang mengikuti ajang balap Moto3 GP 2022. Pada balapan Moto3 Qatar, Minggu 6 Maret 2022 di Sirkuit Internasional Losailpada, Mario Aji berhasil menoreh prestasi.

Rider muda ini menempati posisi ke-19. Mario Aji berhasil finish di urutan ke-19 dengan catatan waktu 38 menit 29.019 detik, melansir situs resmi MotoGP.

Catatan yang diraih Mario Aji hanya memiliki selisih 29.497 detik dari pemenang balapan, Andrea Migno dari Rivacold Snipers Team. Namun, Mario Aji gagal menyumbangkan poin di balapan pertamanya musim ini.

Meski begitu, hasil torehan tersebut sangat berharga, karena ini merupakan debut pertamanya sebagai pembalap resmi di kelas MotoGP.

"Saya senang bisa finis di balapan tangguh ini. Saya mendapatkan sejumlah masukan positif dari tim," kata Mario dikutip laman resmi HRC.

"Balapan pertama penting bagi saya karena saya perlu menimba pengalaman. Saya meraih target saya yaitu melintasi garis finis. Saya cukup optimistis bahwa mengikuti setiap balapan setelah balapan ini memungkinkan," sambungnya lagi.

Mario Aji memang tampil tak begitu buruk di balapan kali ini. Meski tak mampu mendulang poin, namun dirinya mampu naik enam peringkat dari posisi start. Diketahui ia memulai balapan Moto3 Qatar di posisi ke-25.

Dan, posisi tersebut merupakan prestasi terbaik bagi Mario Aji selama pengalamannya tampil di Moto3. Pasalnya, saat berstatu pembalap wildcard Honda Team Asia musim lalu dirinya hanya mampu finis di peringkat ke-21 di seri Moto3 Emilia Romagna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akan Tampil di Mandalika

Mario Aji pun mengakui tim sangat membantu performanya, dirinya pun berjanji akan terus bekerja keras untuk hasil yang terbaik.

Sebentar lagi, pebalap berusia 17 tahun itu juga akan mengaspal di Sirkuit Mandalika saat Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP.

Rekan satu tim Mario, Taiyo Furusato, batal tampil akhir pekan ini karena masih memulihkan diri dari cedera patah tulang talus yang didapatnya saat tes pramusim.

 

3 dari 4 halaman

Profil Singkat Mario Aji

Mario Aji lahir di Magetan, Jawa Timur, 16 Maret 2004. Awal karier profesionalnya sebagai pebalap bermula di Idemitsu Talent Cup pada 2018.

Saat itu Mario berhasil menempati posisi kelima. Sepanjang musim tersebut, Mario meraih merengkuh satu kemenangan dan tiga podium. Mario kemudian pindah ke Junior Talent Team di FILM Moto3 Junior World Championship.

Mario Aji juga pernah mengaspal di kejuaraan Red Bull MotoGP Rookies Cup. Pada 2021, Mario Aji sempat mendapatkan kesempatan turun di dua seri Moto3, yakni Emilia-Romagna dan Algarve Grand Prix.

Pada 2022, Mario Aji akhirnya mendapat kesempatan turun semusim penuh di Moto3 2022 untuk Honda Team Asia Jepang.

Selama Moto3 2022, Mario Aji akan tampil dalam 21 seri di 16 negara, termasuk Indonesia yang bakal digelar di Sirkuit Mandalika.

4 dari 4 halaman

Jadwal MotoGP 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.