Sukses

Hampir Sepekan Banjir Rob Landa 3 Desa di Pesisir Kabupaten Tangerang

Banjir rob akibat naiknya air laut, masih melanda tiga desa di pesisir Kabupaten Tangerang, Senin (6/12/2021). Dampaknya ribuan kepala keluarga terdampak dari luapan air laut tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir rob akibat naiknya air laut, masih melanda tiga desa di pesisir Kabupaten Tangerang, Senin (6/12/2021). Dampaknya ribuan kepala keluarga terdampak dari luapan air laut tersebut.

Banjir rob setinggi 30 sampai 50 cm, masih melanda di Desa Cheng In, Desa Lemo dan Desa Muara di Kecamatan Teluknaga dan Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Menurut warga, banjir sudah terjadi hampir sepekan. "Iya sudah dari minggu lalu, tapi masih bisa beraktifitas. Mau gimana lagi, begini kalau sudah rob," kata Iwan, salah seorang warga di Desa Muara.

Sementara, dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, terdapat lebih dari 3 ribu kepala keluarga terdampak banjir rob ini.

"Di Kampung Cheng In itu ada 2.739 KK yang terdampak, Desa Lemo 150 KK, Desa Muara 450 KK," tutur Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir, Senin (6/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Tak Mau Dievakuasi

Munir menjelaskan, banjir terjadi sejak awal Desember 2021, hingga saat ini air laut masih pasang surut membanjiri rumah warga. Meski sudah hampir sepekan terendam banjir rob, warga belum ada yang mau dievakuasi.

Sehingga BPBD terus berpatroli di tiap desa tersebut, terlebih di Desa Cheng In, yang terendam sampai satu kampung, makanya KK yang terdampak pun paling banyak.

"Di sana sudah berdiri dapur umum. Dari hari Minggu sampai hari ini pun bantuan seperti sembako juga sudah berdatangan untuk warga, itu pun masih dari Dinsos Kabupaten Tangerang dan BPBD Provinsi Banten, " tutur Munir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.