Sukses

Polri Copot Jabatan Polantas yang Pakai Mobil Dinas PJR untuk Pacaran

Kelakuan oknum polisi lalu lintas (Polantas) menggunakan mobil patroli jalan raya (PJR) untuk pacaran viral di media sosial. Divisi Propam Polri pun turun tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Polri mencopot jabatan polisi berinsial Bripda AB yang diduga menggunakan mobil dinas Patroli Jalan Raya (PJR) untuk pacaran. Hal ini terungkap setelah sebuah tangkapan layar Instagram viral di sosial media.

"Sudah dimutasi ke staf dalam rangka pembinaan disiplin dan segera Div Propam Polri melaksanakan sidang disiplin terhadap yang bersangkutan," tutur Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo saat dikonfirmasi, Jumat (22/10/2021).

Sebelumnya, Propam Polri mengambil tindakan atas viralnya seorang polisi lalu lintas (Polantas) berinisial AB yang diduga menggunakan mobil dinas PJR untuk pacaran. Proses pemeriksaan tengah dilakukan dan akan ada tindakan penahanan hingga pencopotan jabatan.

"Yang bersangkutan sudah diamankan di Biro Paminal Mabes Polri dan segera kami tahan setelah proses pemeriksaan," tutur Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo saat dikonfirmasi, Kamis (21/10/2021).

Menurut Ferdy, AB akan ditahan usai proses pemeriksaan selesai. Termasuk ancaman pencopotan jabatan dari satuan polisi lalu lintas.

"Dan copot yang bersangkutan dari fungsi lantas," kata Ferdy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Medsos

Viral sebuah cuitan pengguna twitter yang membongkar kelakuan salah satu oknum polisi. Dalam hal ini, disebut menggunakan mobil patroli untuk kepentingan pribadi seperti pacaran.

Salah satu unggahan antara lain gambar yang menampilkan keadaan di dalam mobil patroli lengkap dengan topi berlambang Polri. Foto itu diambil di Tol Jagorawi.

Adapun, pengunggah menambahkan, ia sedang menggunakan mobil itu untuk urusan bertemu dengan kekasih.

"Ya emang gua akan bilang sama cowo gua? Kita pacaran make mobil dinas ya biar ada strobonya wkwk apa situ mau ikut naik juga? sini dijemput," tulis akun @pasifisstate seperti dikutip, Kamis (21/10/2021).

Terkait beredarnya video itu, Kainduk Turangga 04 Jagorawi Kompol Fitrisia Kamila Tasran menerangkan, pihaknya telah memperoleh identitas oknum polisi yang diduga menyalahgunakan mobil dinas. Dia adalah Bripda AB.

"Menyikapi peristiwa yang viral di media sosial tentang adanya oknum petugas yang diduga menyalahgunakan kendaraan dinas atas nama Bripda AB," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (21/10/2021).

Fitrisia menerangkan, Bripda AB sedang menjalani proses pemeriksaan di Pengamanan Internal Mabes Polri.Dia menegaskan, apabila terbukti melanggar kode etik maka akan diproses lebih lanjut.

"Kami menunggu hasil pemeriksaan dari Paminal Mabes Polri," tandas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.