Sukses

Pemerintah Indonesia Tegaskan Dukungan Transformasi Digital ASEAN

Menkominfo Johnny G Plate menyatakan, Pemerintah Indonesia menekankan empat pandangan guna mempercepat transformasi digital untuk mewujudkan komunitas digital ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Transformasi Digital menjadi perhatian Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN alias ASEAN Economic Community Council Meeting. Hal tersebut turut mendapatkan dukungan dari Pemerintah Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menyatakan, Pemerintah Indonesia menekankan empat pandangan guna mempercepat transformasi digital untuk mewujudkan komunitas digital ASEAN.

"Indonesia menyuarakan dukungannya terhadap penyusunan ASEAN Leaders’ Statement on Digital Transformation yang diinisiasi oleh Brunei Darussalam selaku chairmanship ASEAN tahun ini," tutur Johnny dalam Konferensi Pers The 20th ASEAN Economic Community (AEC) Council Meeting: Interface Between the AEC Council and the ASEAN Digital Ministers yang berlangsung secara virtual, Senin (18/10/2021).

Johnny mengatakan, pihaknya telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 sebagai panduan strategis demi mewujudkan transformasi digital nasional yang cepat, kuat, dan merata. Kemudian, Pemerintah Indonesia terus mendorong penyediaan konektivitas yang memadai dan merata guna menutup kesenjangan digital dan meningkatkan rasio keterhubungan internet antarwilayah.

"Akses merata terhadap layanan telekomunikasi yang berkualitas merupakan prasyarat utama dalam mewujudkan transformasi digital," jelas dia.

Selanjutnya, kata Johnny, Pemerintah Indonesia menekankan bahwa peningkatan nilai dan pemanfaatan data dalam kehidupan sehari-hari harus selalu memperhatikan prinsip-prinsip kedaulatan data.

Hal tersebut didorong melalui kerangka yang secara spesifik mengatur tentang arus data lintas batas negara, yang turut menjamin pelindungan data pribadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Indonesia di Forum G20

Terakhir, Johnny menegaskan peran Indonesia sebagai presidensi pada Forum G20 di tahun 2022 mendatang. Menurutnya, Pemerintah Indonesia akan mengangkat tema 'Recover Together, Recover Stronger'.

"Tema ini menggarisbawahi kerja bersama kita dalam membangun momentum pemulihan sekaligus memperkuat ketangguhan melawan pandemi COVID-19 secara jangka panjang melalui peningkatan pemanfaatan teknologi digital," Johnny menandaskan.

Dalam pertemuan tersebut hadir pula secara virtual Menteri Koordiantor Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.