Sukses

Wamenag: Santri Tak hanya Jadi Ulama, tapi Bisa Jadi Pengusaha, TNI hingga Presiden

Santri tidak hanya ditempa secara akal agar pandai nan cerdas, tetapi juga dibentuk untuk memiliki akhlak yang mulia.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan kiprah para santri peluang bekerja di berbagai bidang sangat luas. Peran santri semakin dibutuhkan masyarakat.

"Santri bisa jadi apa saja. Bisa jadi ulama, pengusaha, anggota polisi, TNI, wakil menteri, menteri, bahkan presiden," kata Wamenag saat berkunjung ke Pondok Pesantren Al Amin Tanjung Kawalu Kota Tasikmalaya dikutip dalam keterangan pers, Senin(27/9/2021).

Dia menjelaskan perluasan kiprah santri di perbagai bidang ini tidak terlepas dari pola pendidikan yang diajarkan di pesantren.

Santri tidak hanya ditempa secara akal agar pandai nan cerdas, tetapi juga dibentuk untuk memiliki akhlak yang mulia.

"Dan itulah yang dibutuhkan seluruh bidang profesi," ungkap Wamenag. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Santri itu Keren

Zainut juga berharap para santri tidak hanya menjadi saleh, tapi juga mushlih (baik secara pribadi dan sosial). Sebab itu dia berpesan agar para santri menata niat dengan sebaik-baiknya. Harus semangat belajar dan ikhlas dalam menuntut ilmu.

"Karena ukuran kebaikan seseorang adalah sejauhmana ia bermanfaat bagi orang lain. Khairunnasi anfa'uhum linnas (sebaik-baik manusia, adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya)," kata politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu. 

"Jadi kita harus bangga menjadi santri, karena santri itu keren," Zainut menandaskan. 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.