Sukses

6 Fakta Meninggalnya Anggota DPR Percha Leanpuri Usai Lahirkan Bayi Kembar

Wafat di usia 35 tahun, Percha Leanpuri meninggalkan duka mendalam bagi keluarga besar Partai Nasdem. Almarhumah dikenal sebagai sosok yang positif dan aktif membesarkan partai.

Liputan6.com, Jakarta Keluarga besar Partai NasDem tengah berduka. Percha Leanpuri, anggota DPR RI Periode 2019-2024 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel II, tutup usia, Kamis, 19 Agustus kemarin.

Putri sulung Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru ini diketahui mengembuskan napas terakhirnya di RSUP Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), pada pukul 17.45 WIB.

Wafat di usia 35 tahun, Percha Leanpuri meninggalkan duka mendalam bagi keluarga besar Partai Nasdem, lantaran dikenal sebagai sosok yang positif dan aktif membesarkan partai.

"Semangatnya begitu tinggi untuk membesarkan partai," ucap Charles Meikyansa yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR RI. 

Berikut fakta meninggalnya anggota DPR, Percha Leanpuri usai melahirkan sepasang bayi kembar dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Meninggal di RSU Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang

Meninggalnya Percha Leanpuri membawa kabar duka bagi keluarga Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru. Sebagaimana diketahui, Percha Leanpuri adalah putri sulung dari Herman Deru.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem tersebut meninggal dunia pada usia 35 tahun. Almarhumah mengembuskan nafas terakhir pada Kamis, 19 Agustus 2021 di RSU Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang, sekitar pukul 17.45 WIB.

Kabar duka tersebut pertama kali disampaikan Wakil Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR, Charles Meikyansah kepada wartawan, Kamis kemarin.

 

3 dari 7 halaman

2. Meninggal Usai Melahirkan Sepasang Bayi Kembar

Sebelum menutup usia, Percha Leanpuri melahirkan sepasang bayi kembar lewat operasi caesar sepekan yang lalu.

Hal ini dibenarkan oleh Charles Meikyansah yang mengatakan bahwa sejawatnya itu meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang. 

"Almarhumah meninggal dunia 10 hari setelah melahirkan dua anak kembarnya. Dari informasi yang kami terima, beliau menjalani operasi caesar pada 9 Agustus lalu," kata Charles pada wartawan, Kamis, 19 Agustus. 

4 dari 7 halaman

3. Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem

Di DPR RI, Percha Leanpuri ditugaskan di Komisi XI dan Badan Anggaran. Anggota Fraksi Partai NasDem ini juga aktif menjabat sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel dan Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Garda Pemuda Nasdem.

Sementara itu, di mata Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem Charles Meikyansah, Percha Leanpuri merupakan sosok yang sangat berdedikasi untuk memajukan dan membesarkan partainya, terutama di Sumsel.

"Semangatnya begitu tinggi untuk membesarkan partai," ucapnya.

Charles pun juga mengenang Percha Leanpuri sebagai kader yang sangat aktif dalam sejumlah organisasi dan kegiatan positif. Seperti Ketua Umum (Ketum) Persatuan Boling Indonesia dan Duta Literasi Sumsel, yang turut membanggakan Partai Nasdem.

 

5 dari 7 halaman

4. Kabar Positif Covid-19 Dibantah

Di sisi lain, Kepala Bagian (Kabag) Humas Biro Protokol dan Humas Sumsel Septiandi Permana membantah kabar miring jika Percha Leanpuri meninggal dunia karena positif COVID-19.

"Jadi saya ingin meluruskan berita yang tersebar. Ibu Percha meninggal dunia dalam kondisi negatif COVID-19. Pihak rumah sakit tadi sudah memastikan swab Ibu Percha negatif COVID-19," katanya.

Ahmad Najib, Sekda Sumsel yang menjadi perwakilan keluarga pun menambahkan bahwa Percha Leanpuri sempat dinyatakan positif COVID-19 sebelum melahirkan.

Namun, berdasarkan dua kali hasil test PCR dari rumah sakit saat menjelang prosesi lahiran, mendiang Percha sudah dinyatakan negatif.

Charles Meikyansah juga meluruskan pemberitaan yang sudah menyeruak ke publik, jika Percha Leanpuri positif COVID-19 saat meninggal dunia.

"Almarhumah bukan meninggal akibat Covid-19, seperti yang diduga sejumlah pihak. Dari informasi yang kami terima, beliau meninggal dalam perawatan di RSMH Palembang pasca menjalani operasi caesar pada 18 Agustus lalu," ucapnya.

 

6 dari 7 halaman

5. Kondisi Pasangan Bayi Kembar

Terkait kondisi sepasang bayi kembar dari mendiang Percha Leanpuri, dikabarkan kondisinya baik-baik saja. 

Saat ini, salah satu bayi kembar tersebut sudah dibawa pulang ke rumah. Namun, bayi satunya lagi masih dirawat intensif di rumah sakit.

"Satu anaknya lagi berat badannya kecil dan belum bisa pulang. Masih dirawat di RSUP Mohammad Hoesin, masih dalam inkubator," kata Sekda Sumsel Ahmad Najib.

 

7 dari 7 halaman

6. Dimakamkan di Pemakaman Keluarga

Pada Kamis malam lalu, jenazah Percha Leanpuri langsung dibawa ke Griya Agung Palembang Sumsel dan disemayamkan di pemakaman keluarga yang berada di kawasan Gandus Palembang.

Ada pun acara pemakaman dilakukan pada hari ini, Jumat (20/8/2021), sekitar pukul 11.00 WIB. 

Kabag Humas Biro Protokol dan Humas Sumsel Septiandi Permana mengatakan, bela sungkawa dan mohon doa kepada seluruh masyarakat Sumsel atas wafatnya putri sulung dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru

"Kami berharap agar seluruh masyarakat Sumsel membantu mendoakan agar almarhumah diterima di sisi Allah SWT," katanya.

 

Cindy Violeta Layan

      

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.