Sukses

Kejar Herd Immunity, Pemkab Bekasi Tambah Nakes Tiga Kali Lipat di Tiap Puskesmas

Liputan6.com, Bekasi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bakal menambah tenaga kesehatan (nakes) di tiap Puskesmas hingga tiga kali lipat. Langkah ini sebagai upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayah penyangga DKI Jakarta itu.

"Kami akan merekrut relawan nakes untuk menambah kuota 2 sampai 3 kali lipat dari nakes yang ada di Puskesmas, di mana nantinya Puskesmas bisa jalan dengan layanan regulernya," kata Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Kamis (5/8/2021).

Menurut Dani, salah satu permasalahan penanganan Covid-19 di wilayahnya adalah minimnya tenaga vaksinasi di tiap-tiap desa, sehingga membuat vaksinasi berjalan kurang optimal.

Padahal, kata dia, Kabupaten Bekasi saat ini tengah gencar melakukan vaksinasi untuk mengejar target herd immunity, agar kehidupan masyarakat khususnya roda perekonomian bisa kembali normal.

"Sehingga kita butuh nakes untuk menyuntikan vaksin Sinovac maupun Astrazeneca yang disediakan oleh TNI dan Polri untuk desa," ujar dia.

Dani menambahkan, untuk penambahan nakes rencananya akan menggunakan anggaran refocusing yang dikumpulkan dari dana masing-masing dinas di lingkungan Pemkab Bekasi.

"Hal ini dilakukan untuk lebih mengoptimalkan penanggulangan pandemi Corona di Kabupaten Bekasi," paparnya.

 

2 dari 3 halaman

TNI Gelar Vaksinasi

Sementara Kodim 0509/Kabupaten Bekasi turut aktif menggelar vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, baik secara terpusat maupun di berbagai Koramil di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Untuk vaksinasi tahap pertama sekarang ini masih dilakukan oleh jajaran Koramil, antara lain Koramil Sukatani, Cabangbungin, Tambun, Setu dan Lemah Abang. Setiap Koramil sudah disiapkan 500 dosis vaksin," ujar Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Kav Tofan Tri Anggoro.

Untuk vaksinasi tahap kedua, sambungnya, dilaksanakan di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0509 Komplek Pemkab Bekasi, yang digelar selama lima hari, sejak tanggal 2-6 Agustus 2021.

"Untuk vaksinasi tahap kedua kami sudah menyiapkan 300 dosis vaksin tiap harinya," ucap Tofan.

Pihaknya berharap vaksinasi yang diselenggarakan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi dapat membantu meningkatkan imunitas masyarakat dan menekan penyebaran virus Covid-19.

"Saya harapkan ini bermanfaat dan masyarakatnya tergugah untuk mengikuti vaksinasi agar penularan Covid-19 bisa dikendalikan," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: