Sukses

Ma'ruf Amin: Mari Terus Berdoa Agar Kita Mampu Hadapi Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak semua masyarakat berdoa kepada Allah SWT agar diberikan berkat dan rahmat sehingga bangsa Indonesia mampu menghadapi berbagai tantangan. Khususnya dalam melawan pandemi Covid-19.

"Marilah kita terus berdoa, agar kita memperoleh berkah, rahmat, dan inayah-Nya sehingga kita mampu menghadapi semua hal yang menjadi tantangan kita, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19," ujar Ma'ruf dalam acara Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (1/8/2021).

Dia mengingatkan bahwa dalam pembukaan UUD 1945 disampaikan bahwa kemerdekaan Indonesia tidak hanya didorong oleh keinginan luhur yan merupakan hasil perjuangan bangsa. Namun, juga berkat Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Dengan menempatkan ungkapan 'berkat rahmat Allah' di depan (UUD 1945), menunjukkan bahwa betapa pentingnya peran rahmat Allah tersebut," ucapnya.

"Betapa pun kecil upaya, amal kita, kerja kita bilamana memperoleh sentuhan rahmat Allah, dia akan berdampak besar dan mempunyai impact yang luas," sambung Ma'ruf.

Menurut dia, rahmat Allah SWT juga memberikan keberanian, munculnya semangat perjuangan, dan kebangkitan nasional. Hal ini membuat Indonesia berhasil meraih kemerdekaan setelah lama dijajah bangsa asing.

"Semuanya itu merupakan halaqah, rabbaniyah, gerakan daripada Allah dengan sebelumnya bangsa Indonesia sekian lama berada di bawah penjajahan," kata dia.

Di samping itu, Ma'ruf menyebut persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia juga merupakan rahmat yang diberikan oleh Allah. Kendati memiliki beragam etnis, suku bangsa, hingga agama, namun Indonesia mampu menyatukan barisan dan gerakan.

"Bahkan, bangsa kita, para pemimpin kita, berhasil membangun kesepakatan nasional, menjadikan Pancasila, UUD 1945, NKRI sebagai landasan kita di dalam berbangsa dan bernegara. Itu adalah anugerah Allah," tuturnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Semangat Persatuan dan Kesatuan

Oleh sebab itu, Ma'ruf mengajak semua masyarakat berdoa agar semangat persatuan dan kesatuan bangsa, semangat perjuangan, semangat kebangkitan nasional itu dapat terus tumbuh dan bangkit. Pasalnya, hal inilah yang membuat Indonesia dapat berhasil menghadapi tantangan.

"Khususnya dalam menghadapi Covid-19 yg sedang kita hadapi sekarang ini," jelas Ma'ruf Amin.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin