Sukses

4 Pernyataan Terkini Jokowi Soal Penerapan PPKM Darurat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut, semenjak pemberlakuan PPKM Darurat, kasus Covid-19 mengalami penurunan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan sejumlah pernyataan terkini terkait kasus Covid-19 di Indonesia. Salah satunya soal kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Jokowi menyebut, semenjak pemberlakuan PPKM Darurat, kasus Covid-19 mengalami penurunan. Selain itu, menurut dia, PPKM Darurat juga membuat kapasitas tempat tidur di rumah sakit yang penuh mengalami penurunan.

"Alhamdullilah. Kita patut bersyukur setelah dilaksanakan PPKM Darurat, terlihat dari data, penambahan kasus dan kepenuhan bed rumah sakit mengalami penurunan," kata Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan daring, Selasa, 20 Juli 2021.

Oleh karena itu, pemerintah pun memutuskan untuk memperpanjang PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021. Seperti diketahui, pemberlakuan PPKM Darurat berakhir pada Selasa 20 Juli 2021.

Jokowi memastikan pemerintah akan selalu memantau dan memahami dinamikan di lapangan serta mendengar suara-suara masyarakat yang terdampak PPKM darurat.

Berikut 4 pernyataan terkini Jokowi terkait penerapan PPKM Darurat di Indonesia dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

PPKM Darurat Akan Dibuka Bertahap

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat.

Sebelumnya, PPKM Darurat diterapkan pada 3 Juli yang berakhir pada Selasa, 20 Juli 2021.

Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah akan selalu memantau dan memahami dinamikan di lapangan serta mendengar suara-suara masyarakat yang terdampak PPKM darurat.

"Karena itu, jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021, pemerintah akan melakukan pembukaan bertahap," ujar Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang dikutip dalam Channel YouTube sekretariat Presiden, Selasa, 20 Juli 2021.

 

3 dari 6 halaman

PPKM Darurat Buat Kasus Covid-19 Menurun

Kemudian, Jokowi mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, PPKM Darurat membuat penambahan kasus Covid-19 mengalami penurunan.

Selain itu, lanjut dia, PPKM Darurat juga membuat kapasitas tempat tidur di rumah sakit yang penuh mengalami penurunan.

"Alhamdullilah. Kita patut bersyukur setelah dilaksanakan PPKM Darurat, terlihat dari data, penambahan kasus dan kepenuhan bed rumah sakit mengalami penurunan," kata Jokowi.

Dia menyadari, penerapan PPKM Darurat yang dimulai 3 Juli 2021 adalah kebijakan yang tidak bisa dihindari.

"Yang harus diambil pemerintah meskipun itu sangat-sangat berat," ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, PPKM Darurat dilakukan untuk menurunkan penularan Covid-19 dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di rumah sakit.

"Sehingga tidak membuat lumpuhnya rumah sakit lantaran over kapasitas pasien Covid-19, serta agar layanan kesehatan untuk pasien dengan penyakit kritis lainnya tidak terganggu dan terancam nyawanya," kata Jokowi.

 

4 dari 6 halaman

Pastikan Terus Bagikan Paket Obat Gratis

Jokowi menyampaikan PPKM Darurat akan ditinjau kembali untuk dipelonggar 26 Juli 2021.

Menurut dia, selama itu, pemerintah akan terus membagikan obat gratis bagi warga yang melakukan isolasi mandiri dan termasuk pasien Covid-19 yang tanpa gejala dan ringan.

"Pemerintah akan terus membagikan membagikan paket obat gratis untuk OTG dan yang bergejala ringan yang direncanakan sejumlah dua juta paket obat," terang dia.

 

5 dari 6 halaman

Ajak Masyarakat Bersatu Melawan Covid-19 dan Patuh Prokes

Jokowi pun berharap, selama PPKM Darurat ini berjalan, semua pihak bisa bekerja sama dengan harapan bisa menurunkan kasus Covid-19.

"Saya minta kita semuanya bisa bekerja sama, bahu membahu untuk melaksanakan PPKM ini dengan harapan kasus akan segera turun dan tekanan kepada rumah sakit juga menurun," ungkap Jokowi.

Dia pun berharap, semua masyarakat di masa PPKM Darurat ini tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Untuk itu, kita semua harus meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan, melakukan isolasi terhadap yang bergejala dan memberikan pengobatan sedini mungkin kepada yang terpapar," jelas Jokowi.

6 dari 6 halaman

Ragam Tanggapan Sepekan PPKM Darurat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • PPKM Darurat adalah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang hanya diterapkan di wilayah Jawa-Bali.

    PPKM Darurat

  • Presiden Jokowi