Sukses

Sabam Sirait: Hari Pancasila Momentum Jaga Persatuan dan Toleransi

Sabam pun menekankan agar Pancasila bukan semata-mata sekadar diucapkan tetapi dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Liputan6.com, Jakarta Semua elemen masyarakat harus menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila yang akan jatuh pada Selasa besok (1 Juni 2021) sebagai momentum untuk bersama-sama menjaga persatuan dan toleransi.

Demikian ditegaskan senator dari daerah pemilihan DKI Jakarta yang juga anggota MPR RI paling senior kelahiran tahun 1936, Sabam Sirait, saat diwawancara beberapa waktu lalu.

"Pancasila terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Pancasila mempersatukan pulau-pulau, agama dan suku bangsa Indonesia," kata Sabam Sirait, yang juga penerima Bintang Mahaputra Utama dari negara.

Sabam pun menekankan agar Pancasila bukan semata-mata sekadar diucapkan tetapi dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Pengamalan Pancasila bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti bagi para PNS, pejabat dan aparatur negara.

"Dengan tidak korupsi saja, sudah merupakan bagian dari pengimplementasian nilai-nilai Pancasila," kata Sabam, yang juga mantan anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA) dua periode ini.

Sabam pun optimistis seluruh elemen bangsa ini akan terus bersatu padu di dalam bingkai ideologi Pancasila. Ia juga mengajak semua elemen selalu menjaga Pancasila dan NKRI dengan keanekaragamannya.

Sabam pun mengingatkan bahwa ada saja pihak yang mau merongrong kebhinekaan. Artinya, masih ada perbedaan pemahaman mengenai bhineka mulai dari alam pikiran, sikap sampai pada tindakan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ideologi Bangsa Terbaik

"Masih ada yang menganggap ideologi yang lain selain Pancasila. Padahal, Pancasila sangat jelas merupakan ideologi bangsa yang terbaik saat ini," demikian Sabam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.