Sukses

Satgas Covid-19 Dorong Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro Jelang Lebaran

Satgas Covid-19 menilai, perpanjangan PPKM Mikro menjadi kunci bagi pemerintah untuk menekan laju penularan virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harmadi mendorong pemerintah memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro menjelang Lebaran 2021.

Kata dia, hal tersebut guna menekan penularan Covid-19 di daerah-daerah.

"Nantinya pada 4-17 Mei 2021 kita akan mendorong pemberlakuan PPKM Mikro tahap tujuh. Karena terbukti efektif mengendalikan kasus nasional dan kasus daerah," kata Sonny dalam keterangan tertulis, Selasa (27/4/2021).

Dia menuturkan, berdasarkan pengalaman sebelumnya pascalibur panjang terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Sebab saat libur panjang terdapat kecenderungan peningkatan mobilitas masyarakat. Kemudian peningkatan mobilitas juga diikuti dengan penurunan kepatuhan protokol kesehatan.

"Dan akhirnya kasus Covid-19 juga turut melonjak. Tidak hanya diikuti oleh lonjakan kasus, tapi juga diikuti oleh lonjakan kematian," papar dia.

Lanjut dia, sejak pelaksanaan pengetatan PPKM mikro, terjadi pernurunan kasus aktif dari 15,43 persen menjadi 6,12 persen.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PPKM Mikro Adalah Kunci

Karena hal itu, Sonny menyatakan perpanjangan PPKM Mikro menjadi kunci pemerintah.

"Penerapan PPKM Mikro hingga jilid 6 ini membuat kinerja kita membaik. Namun target WHO positivity rate harus di bawah 5 persen," jelas dia.

3 dari 3 halaman

Larangan Mudik Lebaran 2021 dan Siasat Warga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.