Sukses

Pemprov DKI Mulai Bagikan Bansos untuk Lansia, Difabel, dan Anak

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpesan agar para penerima bansos dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dikelola dengan bijak dan tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi DKI Jakarta menyalurkan bantuan sosial (bansos) Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), serta Kartu Anak Jakarta (KAJ) 2021.

Penyaluran dilaksanakan serentak secara virtual pada hari ini, Jumat (26/3/2021). Total penerima manfaat KLJ sebanyak 29 orang, KPDJ 10 orang, serta KAJ 186 orang.

"Hari ini kita bisa sebagian tunaikan, yaitu memastikan seluruh warga Jakarta termasuk yang kesulitan ekonomi mendapatkan bantuan agar bisa menjalankan kehidupan dengan lebih baik," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies berpesan agar para penerima bansos dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dikelola dengan bijak dan tepat, sehingga mempermudah kebutuhan dasar masing-masingnya.

"Bagi anak-anak ini bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi yang sehat, semua kebutuhan kosumsi penunjang tumbuh kembang anak. Begitu juga dengan penyandang disabilitas lewat program ini, kebutuhan khusus penyandang disabilitas dapat terbantu dengan kartu ini. Sedangkan lansia, kami berharap bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," papar dia.

Bansos ini diharap Anies dapat memberikan bantuan jangka pendek, meskipun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga terus berupaya menyediakan bantuan jangka panjang dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan penyediaan lapangan kerja.

"Tanggung jawab bagi pemerintah untuk terus membantu agar yang hari ini belum mendapatkan kesejahteraan, punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan kesejahteraan, dalam jangka waktu pendek dengan bansos dan jangka panjang lewat pendidikan dan lapangan kerja, sehingga semua bisa naik kelas," kata Anies.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Bank DKI Prioritaskan Penerima Bansos

Anies juga menitipkan pesan kepada jajaran Bank DKI sebagai pihak yang nantinya menyalurkan bantuan sosial agar memprioritaskan para penerima.

"Untuk Bank DKI kami berharap mereka yang melakukan pencairan supaya dimudahkan dan ini pesan kepada seluruh jajaran, kepada warga lansia perlakukan mereka seperti orang tua sendiri, perlakukan mereka seperti customer platinum untuk mendapat pelayanan platinum. Ini adalah orang tua kita yang kita diberikan kesempatan Tuhan untuk menimba pahala dari mereka, karena itu prioritaskan mereka," tandas Anies.

Seperti diketahui, Program Kartu Lansia Jakarta (KLJ) merupakan program Pemprov DKI Jakarta dalam bentuk pemenuhan kebutuhan dasar bagi warga lanjut usia.

Pemegang kartu memperoleh bantuan sebesar Rp.600.000,- setiap bulan. Persyaratan untuk memperoleh bantuan adalah warga berusia 60 tahun ke atas, berstatus sosial ekonomi terendah dan terdaftar dalam Basis Data Terpadu.

Untuk Program Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) merupakan program bantuan bertujuan untuk mencegah kerentanan sosial bagi para penyandang disabilitas di DKI Jakarta, serta memenuhi kebutuhan dasar mereka. Program KPDJ ini diluncurkan sejak 28 Agustus 2019.

Sedangkan Program Kartu Anak Jakarta diberikan bagi anak dari keluarga prasejahtera berusia 0-6 tahun, memiliki NIK Daerah, bertempat tinggal/berdomisili di Jakarta, serta berada di luar Panti Sosial Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Program ini memberikan susu, makanan bergizi, dan penunjang tumbuh kembang anak.

3 dari 3 halaman

Daftar Bansos 2021, Dari Kartu Sembako Hingga Prakerja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.