Sukses

Top 3 News: Ditangkap KPK, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Kini Jadi Tersangka

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah sebagai tersangka suap dan gratifikasi terkait pembangunan infrastruktur di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tahun anggaran 2020-2021. Berita ini menjadi terpopuler pertama di top 3 news, Sabtu, 27 Februari 2021.

Usai menjadi tersangka, Nurdin Abdullah dan dua tersangka lainnya langsung ditahan di Rutan KPK cabang Pomdam Jaya Guntur. 

Sebelumnya, lewat operasi tangkap tangan (OTT), penyidik KPK mengamankan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah pada Jumat malam, 26 Februari di rumah dinasnya.

Pada hari yang sama, KPK juga mengamankan lima orang lainnya. Di antaranya Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (Sekdis PU) Sulsel Edy Rahmat, dan Direktur PT Agung Perdana Bulukumba (APB) Agung Sucipto. 

Ada pun barang bukti yang diamankan sebuah koper berisi Rp 1 miliar dari Rumah Makan Nelayan di JalanAli Malaka, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 26 Februari 2021:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 5 halaman

1. KPK OTT Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah terkait kasus dugaan korupsi. Operasi tangkap tangan (OTT) itu dilakukan pada Jumat malam 26 Februari 2021. 

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri membenarkan pihaknya menggelar OTT terhadap Nurdin Abdullah.

Kendati demikian, dia mengaku belum bisa menjelaskan lebih detail kasus apa yang menjerat Nurdin. Begitu juga terkait siapa saja yang turut diamankan dalam operasi tersebut.

"Informasi lebih lengkap kasusnya, siapa saja yang ditangkap dan barang bukti apa yang diamankan, saat ini belum bisa kami sampaikan," ucap Ali dikutip dari Antara.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Uang Rp 1 Miliar Disita KPK Saat Penangkapan Nurdin Abdullah

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, membenarkan pihaknya menggelar OTT terhadap Nurdin Abdullah.

"Benar, Jumat (26/2) tengah malam, KPK melakukan tangkap tangan terhadap kepala daerah di Sulawesi Selatan terkait dugaan tindak pidana korupsi," kata Ali dalam keterangannya, Sabtu (27/2/2021).

Dalam penangkapan tersebut, KPK membawa barang bukti berupa uang satu koper yang berisi Rp 1 miliar yang diamankan di Rumah Makan Nelayan Jln. Ali Malaka, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

Kendati demikian, Ali belum bisa menjelaskan lebih detail kasus apa yang menjerat Nurdin Abdullah. Begitu juga terkait siapa saja yang turut diamankan dalam operasi tersebut.

"Informasi lebih lengkap kasusnya, siapa saja yang ditangkap dan barang bukti apa yang diamankan, saat ini belum bisa kami sampaikan," ucap Ali dikutip dari Antara.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. 3 Potret Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Terjaring OTT KPK

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri membenarkan pihaknya menggelar OTT terhadap Nurdin Abdullah.

Kendati demikian, Ali belum bisa menjelaskan lebih detail kasus apa yang menjerat Nurdin. Begitu juga terkait siapa saja yang turut diamankan dalam operasi tersebut.

Saat ini, kata dia, tim KPK masih bekerja dan perkembangannya atas penangkapan tersebut akan diinformasikan lebih lanjut.

"Perkembangannya nanti akan kami sampaikan kepada rekan-rekan semua," kata Ali.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: