Sukses

Hujan Sebabkan Longsor di Perumahan Pesona Jatiasri Jatiasih Bekasi

Liputan6.com, Bekasi - Hujan yang terjadi sejak Minggu pagi (24/1/2021) tak hanya menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Kota Bekasi, Jawa Barat. Banjir juga menyebabkan longsor di Perumahan Pesona Jatiasri, Kecamatan Jatiasih, Bekasi.

"Terjadi longsor di perumahan Pesona Jatiasri, Kelurahan Jati Kramat, Kecamatan Jati Asih," ujar Kasi Rehabilitasi, Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi Hendra dalam keterangannya, Minggu (24/1/2021).

Hendra mengatakan, masih terdapat dua lokasi yang terendam banjir di Kecamatan Jatiasih, yakni Kompleks Dosen IKIP Kelurahan Jati Kramat dengan ketinggian lebih 1 meter, dan Komplek AL RW 10 kelurahan Jati Kramat dengan genangan 10 hingga 20 cm.

Untuk Kecamatan Rawa Lumbu terjadi penambahan lokasi banjir. Jika semula hanya di Perumahan Pondok Hijau dengan ketinggian hingga 20 cm, kini bertambah yakni genangan di Jalan Pasar Burung Kelurahan Pengasinan dengan ketiggian air kurang lebih 10 hingga 20 cm.

Genangan di Kecamatan Rawa Lumbu juga terjadi di Perumahan Suzuki Kelurahan Pengasinan dengan ketinggian air kurang lebih 10 hingga 20 cm.

Untuk di Kecamatan Pondok Gede, akses Jalan Kemang Sari 1, Jati Bening Baru masih tertutup akibat banjir setinggi 60 cm di jalan. Genangan setinggi kurang lebih 30 sampai 40 cm juga terjadi di Jalan Masjid Satu Kampung Kemang Kelurahan Jati Cempaka.

Masih di Kecamatan Pondok Gede, banjir setinggi 120 cm terjadi di Perumahan Jati Bening Permai. Banjir juga merendam Komplek Jati Bening 1 Kelurahan Jati Bening dengan ketinggian kurang lebih 60 cm.

"Kejadian Genangan kurang lebih 20 cm terjadi di Perumahan Damar Raya Jati Bening 2 blok D Kelurahan Jati Bening. Kejadian Genangan di Perumahan Sari Gaperi Kelurahan JBB sudah mulai menurun," kata dia.

Di Kecamatan Medan Satri, genangan terjadi di Kelurahan Harapan Mulya RT 05 RW 08 dengan ketinggian air 30 sampai 40 cm. Di Kelurahan Kali Baru RT 01, 08, 09 RW 03 dengan ketinggian air 20 sampai 30 cm.

 

2 dari 3 halaman

Banjir di Bekasi Selatan dan Bekasi Barat

Di Kecamatan Bekasi Selatan terjadi genangan di Jalan Palem Raya, kelurahan Jaka Mulya kurang lebih 20 sampai 30 cm. Di Taman Cikunir Indah, Jakamulya genangan kurang lebih 30 cm.

Kecamatan Bekasi Barat terjadi banjir di enam titik, yakni di komplek Mas Naga Kelurahan Bintara Jaya dengan ketinggian 30 sampai 40 cm. Banjir setinggi 60 sampai 80 cm terjadi di Jalan Kali Malang bawah fly over Kota Bintang Kelurahan Jaka Sampurna. Genangan kurang lebih 25 sampai 30 cm juga terjadi di Perum Harapan Baru Regency.

"Terjadi genangan di Jalan Bintara Raya dengan ketinggian 50 cm. TMA Kali Cakung 90 cm yang melintasi Perumahan Duta Kranji hingga Harapan Baru 2. Pondok Cipta mengalami genangan 15 sampai 30 cm dan sudah mulai surut," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: