Sukses

Saran Sandiaga Tangkap Peluang di Era Industri 4.0

Sandiaga menyatakan, mata pencaharian baru di era industri 4.0 adalah product reviewer.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, era industri 4.0 mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dari mulai data analytics, pekerjaan di bidang coding, hingga hal-hal yang detail seperti game developer.

"Kadang-kadang kita banyak menyayangkan, pekerjaan hilang karena otomasi, karena robotika dan lain sebagainya. Padahal sebaliknya," kata Sandiaga melalui keterangan persnya, Selasa (15/12/2020).

Selain pekerjaan-pekerjaan di atas, lanjut Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, mata pencaharian baru di era industri 4.0 adalah product reviewer. Dia menilai, saat ini mereview produk sudah menjadi pekerjaan baru.

"Product endorser itu akan menjadi satu peluang mata pencaharian yang baru, peluang jenis kerja yang baru," kata Sandiaga.

Namun demikian, dalam menyambut era industri 4.0 harus memiliki perbekalan atau persiapan yang cukup. Masyarakat Indonesia perlu meningkatkan pemikiran kritikal serta kreativitas dan inovasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perluas Wawasan

Dengan begitu, robotika atau internet of things tidak akan mengalahkan kreativitas dari manusia. Sandiaga yakin, setiap individu akan mampu memiliki daya saing di era industri 4.0 dan membuka banyak lapangan kerja baru jika terus mengasah kreativitas dan imajinasi.

"Jadi, kuncinya waspada, perluas wawasan, tingkatkan literasi, baik literasi teknologi maupun literasi data yang termasuk digital," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.