Sukses

Polisi-TNI Minta Simpatisan Rizieq Shihab Tak Nyalakan Petasan

Polisi dan TNI mengimbau agar simpatisan Front Pembela Islam (FPI) tak menyalakan petasan ketika Rizieq Shihab tiba di kediamanan di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta Polisi dan TNI mengimbau agar simpatisan Front Pembela Islam (FPI) tak menyalakan petasan ketika Rizieq Shihab tiba di kediamanan di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Audie S Latuheru, meminta massa mengawal kedatangan Rizieq Shihab dengan tertib.

"Sebentar lagi Imam besar hadir, jadi tolong dibuka jalan, laskar dibantu pengamanan jangan ada yang menyalakan petasan biar beliau bisa lewat dengan aman dan nyaman tanpa terganggu," kata dia, Selasa (10/11/2020).

Hal yang sama juga dilakukan Kodim 0503/JB Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki. Dadang meminta massa tidak menghalangi ruas jalan yang dilintasi oleh Rizieq Shihab.

"Saya minta tolong kepada saudara saya untuk jaga ketertiban. Mari kita sama-sama jaga keamanan, agar jalan yg dilalui imam besar supaya lancar," ucap dia.

Massa mendengarkan imbauan tersebut. Kemudian, kembali mengumandangkan salawat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salah Sangka

Sebelumnya, simpatisan Pimpinan FPI Rizieq Shihab membakar petasan ketika suara sirene ambulans mendekati kawasan Slipi mengarah ke Petamburan, Palmerah, Jakarta Barat.

Salah seorang simptisan meneriaki agar massa yang ada di sana membuka jalan jangan menghalangi laju ambulans.

Massa mengira suara sirine tersebut adalah mobil yang membawa Rizieq, dan ketika mendekat ternyata ambulans jenazah.

Kemudian petasan yang digunakan untuk menyambut kedatangan Rizieq habis terbakar. Bahkan ada juga yang membakar flare gun berwarna merah sebagai penanda kehadiran Rizieq.

3 dari 3 halaman

Penuhi Petamburan

Simpatisan Rizieq Shihab memadati ruas jalan menuju ke kediaman Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu di Jalan Petamburan 3, Tanahabang, Jakarta Pusat, pada Selasa (10/11/2020).

Pada siaran video yang ditampilkan kanal Youtube FPI, Front TV, sejumlah massa berdiri di samping jalan area kediaman Rizieq. Mereka berlalu-lalang menunggu kedatangan pimpinan ormas keagamaan tersebut.

Dari tayangan sesekali terlihat anggota kepolisian yang tengah berjaga di sekitar lokasi.

Personel keamanan internal FPI juga berjaga-jaga di gang menuju kediaman Rizieq. Mereka mengenakan seragam khas yang biasa dikenakan oleh seorang anggota FPI.

Salah satu simpatisan mengumumkan agar tidak ada anggota FPI atau simpatisan lainnya yang diperbolehkan masuk ke rumah Rizieq.

"Sudah memenuhi kuota. Maka mohon tidak ada lagi yang diperbolehkan untuk ke dalam," ujarnya melalui pengeras suara.Dia juga melarang simpatisan untuk merekam kedatangan Rizieq menggunakan ponsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.