Sukses

Anies: Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Sudah Terisi 65 Persen

Anies menyatakan, Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan sekitar 4 ribuan tempat tidur isolasi dan ratusan tempat tidur di ruang ICU.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan daya tampung ruang isolasi dan ruang ICU di Rumah Sakit (RS) untuk pasien Covid-19 di Jakarta sudah terisi lebih dari 65 persen.

Anies menyatakan, Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan sekitar 4 ribuan tempat tidur isolasi dan ratusan tempat tidur di ruang ICU.

"Selama dua pekan terakhir, terjadi tren peningkatan ruang isolasi dan ICU di Jakarta. Dari 4.456 tempat tidur isolasi, 65 persen sudah terisi," kata Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (13/8/2020).

Sedangkan untuk 483 tempat tidur untuk ruang ICU sudah 67 persen terisi. Menurut Anies, angka tersebut bergerak dalam satu bulan mencapai 40-50 persen pada Juli 2020.

Karena adanya peningkatan tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Yakni mulai dari mencuci tangan, memakai masker, hingga menjaga jarak.

"Tenaga kesehatan saat ini merasakan beban yang tidak sederhana. Mari kita meringankan beban mereka semua dengan bersama-sama menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Sementara itu, kata Anies saat ini jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Jakarta bertambah sebanyak 621 kasus. Dengan penambahan tersebut total akumulasi kasus positif di DKI Jakarta menjadi 27.863 orang.

"Adapun kasus Aktif di DKI Jakarta, atau pasien yang sedang menjalani perawatan di RS maupun isolasi mandiri, saat ini bertambah 119, sehingga total kasus aktif menjadi 9.044 orang," ujar Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sembuh dan Meninggal

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menyatakan pasien yang dinyatakan sembuh bertambah 489 orang. Total kumulatif pasien sembuh mencapai 17.838 orang.

"Dengan kata lain, 64 persen dari pasien kasus konfirmasi positif di DKI Jakarta telah kembali beraktivitas. Adapun kasus terkonfirmasi positif yang meninggal dunia bertambah 13 orang, sehingga total menjadi 981 orang," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.