Sukses

Tanggapi Penolakan Pedagang, Anies: Ganjil Genap atau Tidak Buka Sama Sekali

Pemprov DKI menerapkan kebijakan buka kios/toko di pasar dengan sistem ganjil genap untuk mencegah penularan corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta sudah menerapkan kebijakan membuka kios atau toko di pasar tradisional dengan sistem ganjil genap. Setelah tiga hari penerapan, sejumlah pedagang disebut menolak pemberlakuan kebijakan tersebut.

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, kebijakan ganjil genap tersebut tidak untuk ditawar. Menurut dia, kebijakan pembatasan jumlah pedagang merupakan keharusan demi keselamatan semua pihak.

“Harus. Harus ganjil genap. Karena memang saat ini kapasitasnya hanya boleh 50 persen dulu demi keselamatan pedagangnya juga. Jadi ini bukan semata-mata soal ganjil dan genap. Ini adalah soal keselamatan pedagang dan keselamatan pembeli,” kata Anies di Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Anies lantas memberikan dua pilihan kepada para pedagang. Pertama yakni bersedia menerapkan ganjil genap, kedua bila menolak maka kios dan pasar ditutup selama wabah corona masih ada.

“Jadi saya sampaikan kepada para pedagang juga. Pilihannya sederhana. Ganjil genap sekarang atau tidak buka sama sekali,” ucap Anies tegas.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pedagang Bersedia

Mantan Mendikbud itu mengklaim, bahwa selama sosialisasi ganjil-genap, Pemprov DKI melalui PD Pasar Jaya sudah berdiskusi dan para pedagang sepakat dengan penerapan kebijakan tersebut.

“Kalau mau ikut ganjil-genap, kita buka sekarang. Kalau tidak, tidak buka. Dan mereka kemudian ikut ganjil-genap,” ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.