Sukses

Bamsoet: Pemda Harus Pastikan Protokol New Normal Dijalankan Warga

Bamsoet meyakini, jumlah pasien Covid-19 yang bertambah lebih disebabkan sebagian masyarakat belum mematuhi protokol kesehatan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah daerah (Pemda) tegas mendorong warga berdisiplin melaksanakan protokol kesehatan di ruang publik. Hal ini dilakukan demi penerapan new normal di tengah Covid-19.

"Larangan warga berkerumun atau berdesak-desakan, Pemda harus memastikan kebijakan-kebijakan itu dipatuhi warga," kata pria karib disapa Bamsoet ini lewat keterangan tertulis diterima, Minggu (7/6/2020).

Bamsoet meyakini, jumlah pasien Covid-19 yang bertambah lebih disebabkan sebagian masyarakat belum mematuhi protokol kesehatan itu.

Karenanya, langkah Pemda membuat dan memberlakukan kebijakan atau peraturan yang berkait dengan kewajiban warga melaksanakan protokol kesehatan menjadi suatu hal yang wajib dipatuhi.

Sayangnya, lanjut Bamsoet, di beberapa lokasi seperti pasar dan di dalam gerbong kereta listrik, masih umum ditemukan kerumunan.

"Itu pertanda bahwa kebijakan-kebijakan Pemda tidak dipatuhi. Ketidakpatuhan terjadi karena tidak ada langkah-langkah pengendalian aktivitas warga di ruang publik oleh aparatur Pemda," kritik Bamsoet.

Akibatnya, upaya memutus rantai penularan Covid-19 melalui protokol kesehatan terkesan belum efektif.

"Jangan lagi ada pembiaran ketika warga berkerumun di pasar dan di gerbong kereta. Di semua tempat umum, protokol kesehatan harus dipatuhi oleh semua orang, tanpa terkecuali,’" ujar Bamsoet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.