Sukses

Ucapkan Selamat Puasa Ramadan, Ahok: Kita Sanggup Kalahkan Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam. Ucapan itu dikatakan Ahok bersama sang istri, Puput Nastiti Devi.

"Kami sekeluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi saudara-saudara yang beragama muslim," kata Ahok lewat akun Instagramnya, Jumat (24/4/2020).

"Semoga puasa kita tahun ini membawa kita semua dalam keberkahan, selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa," timpal Puput.

Ahok menyebut, dengan adanya ibadah puasa, masyarakat akan berhasil menahan diri dan tetap berada di rumah. Dengan itu, dia yakin virus Corona bisa dikalahkan.

"Melalui ibadah puasa ini, kita juga akan berhasil menahan diri untuk tidak banyak keluar dari rumah yang tidak perlu, menggunakan masker kemanapun pergi ke tempat keramaian. Kita percaya melalui disiplin, kebersihan, menahan diri, kita akan sanggup mengalahkan virus corona," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap bulan suci ramadan ini dapat memberikan berkah untuk semua.

"Selamat menunaikan ibadah puasa seluruh umat Islam. Semoga bulan Ramadan ini memberi berkah bagi kita semua," tutup Ahok.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

1 Ramadan Jatuh pada 24 April 2020

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan awal puasa Ramadan 2020 jatuh pada 24 April 2020.

Awal puasa ini diputuskan melalui sidang Isbat penentuan 1 Ramadan 1441 Hijriah yang digelar Kemenag bersama sejumlah pihak.

"Kami dengan suara bulat menetapkan bahwa awal Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada esok hari bertepatan dengan Hari Jumat tanggal 24 April 2020," kata Menteri Agama Fachrul Razi di Kemenag, Jakarta, Kamis, 23 April 2020.

Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal Ramadan 1441 H/2020 M pada hari ini, Kamis, 23 April 2020 di 82 titik pemantauan yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menyebut, rukyatul hilal Ramadan dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag Provinsi bekerja sama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung (MA).

"Mereka akan melakukan pemantauan hilal di 82 titik yang telah ditetapkan. Titik pantau terbanyak di Jawa Timur sebanyak 27 lokasi, dan Jawa Barat dengan 8 lokasi," ujar Kamaryddin di Jakarta, Senin 20 April 2020.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber : Merdeka

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS