Sukses

INFOGRAFIS: Karantina Wilayah, Siapkah Indonesia?

Kebijakan karantina kesehatan termasuk karantina wilayah adalah kewenangan pemerintah pusat, bukan daerah. Bila diperlukan, pembatasan sosial berskala besar akan didampingi kebijakan Darurat Sipil.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa daerah telah menyiapkan skema karantina wilayah hingga penyekatan demi memerangi penyebaran pandemi virus corona Covid-19. Namun, Indonesia tidak akan memberlakukan lockdown atau karantina wilayah secara total.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Tim Gugus Tugas Covid-19 segera mengatur kebijakan pembatasan sosial berskala besar. Pembatasan sosial maupun jaga jarak fisik juga diimbau diterapkan dengan tegas dan lebih disiplin.

Jokowi menegaskan pula kebijakan karantina kesehatan termasuk karantina wilayah adalah kewenangan pemerintah pusat, bukan daerah. Bila diperlukan, pembatasan sosial berskala besar akan didampingi kebijakan Darurat Sipil.

Apa acuan hukum pembatasan sosial berskala besar dan karantina wilayah? Simak dalam Infografis berikut ini:

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.