Sukses

Pemerintah Siapkan 170 Ribu APD untuk Tim Medis Penanganan Corona Covid-19

Stok cadangan nasional hingga data pagi ini tercatat masih ada hingga 19 ribu APD.

Liputan6.com, Jakarta - Kolonel Inf Aditya Nindra Pasha - Paban IV/Operasi Dalam Negeri, Staf Operasi TNI dalam tugas penanganan percepatan Covid-19, mengatakan pemerintah sudah menyiapkan 170 ribu stok alat pelindung diri (APD) secara nasional. Nantinya APD itu akan dikirimkan ke tiap provinsi di Indonesia berdasarkan tingkat kebutuhannya.

"Stok APD yang ada di gudang gugus tugas sebanyak 170 ribu di Lanud Halim Perdana Kusuma dan kami telah distribusikan sebanyak 151 ribu APD ke tiap wilayah provinsi," kata Aditya di Kantor BNPB Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Karenanya, stok cadangan nasional hingga data pagi ini tercatat masih ada hingga 19 ribu APD. Aditya melanjutkan stok sisa nasional akan dikirimkan berdasarkan wilayah per provinsi yang membutuhkan.

"Mekaninmenya melapor ke gugus tugas masing-masing wilayah nanti mereka yang akan mendistribusikan karena mereka yang memiliki data akuratnya," jelas Aditnya.

Aditya menjelaskan ada dua skema diterapkan TNI dalam membantu pendistribusian APD, pertama APD didorong ke daerah yang sulit alat transportasi, seperti ke Papua dan Papua Barat, juga wiayah daerah perbatasan.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skema Kedua

Skema kedua, masing-masing wilayah mengutus pewakilannya tiap wilayah bisa megirimkan penghubungnya masing-masing, sehingga TNI dapat membantu memberikan alat angkut dalam proses distribusinya.

"Kami senantiasa membantu dalam pemunuhan APD di masing-masing wilayah membutuhkan APD," Aditya menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.