Sukses

2 Pasien Warga Depok Belum Dinyatakan Sembuh oleh RSPI Sulianti Saroso, Kenapa?

Pasien satu dan dua adalah ibu dan anak yang tinggal di Depok, Jawa Barat. Keduanya disinyalir terjangkit virus Corona karena adanya kontak langsung dengan WNA.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, memperbaharui kondisi pasien satu dan dua yang positif terjangkit virus Corona, sejak awal Maret 2020. Menurut Syahril, kondisi mereka masih dalam perawatan intensif pihak rumah sakit.

Hingga saat ini, menurut Syahril, keduanya belum dapat dinyatakan sembuh sebab hasil tes terhadap pasien positif virus Corona kerap berubah.

"Covid-19 kan virus yang baru, jadi perilakunya atau katakanlah sifat-sifatnya belum semuanya (terdeteksi) seperti penyakit lain yang sudah diketahui," kata dia saat jumpa pers di RSPI Suliatnti Saroso, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Dari keterangan tim dokter, hasil tes rutin para pasien yang dirawatnya cenderung labil. Belum dapat dikatakan mereka yang negatif akan selalu negatif, begitu pun sebaliknya.

"Jadi dari kapan dia positif jadi ke negatif, kemudian negatif menjadi negatif lagi, itu yang sekarang ini sedang terjadi. Jadi bisa saja pasien positif, setelah diperiksa positif lagi, kemudian positif lagi, dan seterusnya. Tapi juga ada yang positif jadi negatif," jelas Syahril.

Diketahui, pasien satu dan dua adalah ibu dan anak yang tinggal di Depok, Jawa Barat. Menurut keterangan pemerintah, keduanya disinyalir terjangkit virus Corona karena adanya kontak langsung dengan warga negara asing di salah satu restoran di Jakarta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Orang Sembuh dari Covid-19

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan kesembuhan tiga pasien positif Virus Corona atau Covid-19. Terawan mengaku bahagia mengetahui kesembuhan tiga pasien tersebut.

"Hari ini sudah saya cek kondisinya, ada tiga yang kita nyatakan sembuh baik dari sisi laboratorium, baik dari sisi klinis," ujar Terawan dalam jumpa pers di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Kamis (12/3/2020).

Terawan mengaku mengecek secara langsung kondisi kesehatan tiga orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Menurutnya, sebagai Menteri Kesehatan, dia bertanggungjawab atas kesembuhan pasien.

"Saya bahagia, teorinya benar bahwa ini penyakit yang akan sembuh sendiri," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.