Sukses

Ditemani Prananda dan Hasto, Megawati Tinjau Jalannya Rakernas PDIP

Peserta terdiri dari anggota DPR RI, kepala daerah, anggota DPRD dan pimpinan partai daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri terus memantau pelaksanaan Rakernas partainya yang memasuki hari kedua di Kompleks JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dia ditemani Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Kepala Situation Room PDIP Prananda Prabowo.

Megawati disebutkan terus mendengarkan pemaparan para pemateri dan peserta kelas yang terlihat tekun menyimak paparan. Peserta terdiri dari anggota DPR RI, kepala daerah, anggota DPRD dan pimpinan partai daerah.

Megawati sesekali terlihat berdiskusi dengan Hasto dan Prananda sambil menunjuk ke kertas yang dipegangnya. Selain itu, dia sempat tertawa lepas mendengarkan beberapa pertanyaan peserta.

Agenda Rakernas hari kedua berupa kegiatan di Kelas 1, Kelas 2 dan Kelas 3 tertutup bagi media. Di kelas 1 pada sesi pertama materinya politik partai dalam tata kelola partai dengan narasumber Sukur Nababan, Ono Surono, Olly Dondokambey, Djarot Saiful Hidajat, dan Andi Wattiri.

Di sesi kedua tampil sebagai pemateri Bambang Wuryanto membahas pemenangan pilkada. Di meja pimpinan juga hadir Utut Adianto, Sukur Nababan dan Rudianto Tjen. Utut berperan sebagai moderator.

Usai mendengarkan materi di ruang kelas 1 Rakernas PDIP, Megawati lalu ingin memantau situasi di luar ruangan.

Prananda, atau akrab disapa Mas Nanan, lalu mengemudikan sebuah kendaraan terbuka kecil mirip golf car bagi Megawati. Terakhir diarahkan menuju ruang transit VVIP di arena Rakernas. Para peserta yang melihat Megawati, beberapa kali meneriakkan namanya.

"Kami mohon maaf bahwa acara kali ini bersifat tertutup mengingat PDIP di dalam Rakernas ini memerlukan suasana yang khusus di dalam membahas materi-materi yang sangat penting, strategis, dan akan menjadi bahan rekomendasi dari Rakernas," kata Hasto di lokasi, Sabtu (11/1/2020).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilkada dan Bencana

Menurut Hasto, beberapa materi pokok memang menjadi perhatian utama dari Megawati sehingga meninjau secara langsung beberapa kelas seperti pemenangan pemilu, karena persiapan pilkada serentak harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

"Pilkada serentak ialah momentum untuk membangun mekanisme kelembagaan partai di dalam menghasilkan pemimpin yang mumpuni, baik pemimpin yang ideologis dan pemimpin yang punya jiwa kerakyatan itu," lanjut dia.

Selain itu, menurut dia, Megawati juga menaruh perhatian terhadap persoalan yang disampaikan oleh BMKG dan BNPB tentang kesiapan mencegah bencana.

"Bahkan Ibu Megawati bersama Mas Prananda, memantau dan duduk di tempat paling belakang. Kemudian ketika waktu habis diberikan waktu tambahan supaya kita semua sangat menyadari bagaiman kita tinggal di daerah yang rawan terhadap bencana," pungkas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.