Sukses

Lantik Rektor UI, Menteri Nadiem Bicara soal Idola hingga Buang Naskah Pidato

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melantik Rektor Universitas Indonesia atau UI pada Rabu, 4 Desember 2019.

Profesor Ari Kuncoro, resmi dilantik menjadi Rektor baru UI mengantikan Prof Muhammad Anis, yang sudah habis masa jabatannya.

Tak hanya Nadiem, hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani. Usai pelantikan, Mendikbud Nadiem Makarim diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato.

Memulai pidatonya, Nadiem justru mengaku dirinya membuang naskah pidato yang sudah dibuat. Alasannya, mantan CEO PT Gojek Indonesia itu ingin lebih efisien.

Tak hanya itu, Nadiem juga sempat mengaku jika dirinya merupakan hasil produk UI. Padahal, dirinya bukanlah lulusan UI.

Berikut pernyataan-pernyataan menarik Mendikbud Nadiem Makarim saat pidato di Pelantikan Rektor UI dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 5 halaman

Punya Idola

Mengawali pidatonya, Mendikbud Nadiem Makarim menyapa para tamu yang hadir namun langsung disingkat. Ia tak secara gamblang menyebutkan satu persatu tamu yang hadir.

"Yang terhormat Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang hebat di depan saya, biar sedikit lebih efisien ya mohon maaf," ujar Nadiem.

Setelah itu, dia juga mengaku berdiri di hadapan idolanya sedari dulu.

"Di depan saya ada beberapa idola-idola saya sih, terutama Bu Ani (Menteri Keuangan Sri Mulyani) dan Pak Ari, memang jadi hero hero (pahlawan) saya dari dulu," kata Nadiem.

 

3 dari 5 halaman

Buang Naskah Pidato

Kemudian, Nadiem justru mengaku dirinya telah membuang naskah pidatonya. Hal itu dilakukan agar dirinya lebih efisien.

"Terima kasih sudah mengundang saya di sini. Saya seperti Prof Ari juga saya udah ada pidato yang langsung saya buang juga karena saya ingin gunakan kesempatan untuk menjadi sesi kerja pertama selama empat-lima tahun ke depan," papar dia.

 

4 dari 5 halaman

Produk UI

Selain itu, Nadiem mengaku dirinya bukanlah lulusan dari Universitas Indonesia atau UI. Meski begitu, hampir seluruh anggota keluarganya lulusan UI.

"Saya harus bilang bahwa saya bukan alumni UI. Tapi orangtua saya, bapak, ibu, dan seluruh keluarga saya om-om dan tante semuanya hampir eksklusif alumni UI," kata dia.

Oleh karena itu, Nadiem menegaskan secara tidak langsung dirinya hasil produk UI.

"Jadi saya ini sebenarnya produk UI juga dan saya merasa tidak bisa mencapai sampai seperti ini kalau tanpa UI. Jadinya ini sesuatu hal yang spesial buat saya bisa berdiri di sini," pungkas Nadiem.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Nadiem Makarim Akan Permudah Perguruan Tinggi Memiliki Badan Hukum
Artikel Selanjutnya
Nadiem Makarim Akan Permudah Akreditasi Perguruan Tinggi