Sukses

Mau Tahu Cara Memproduksi Migas, Datang Saja ke Museum 3D Pertamina Prabumulih

Pertamina EP Asset 2 Prabumulih menghadirkan tiga lokasi berbeda untuk memenuhi rasa ingin tahu publik tentang dunia migas.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar masyarakat tentu masih asing dengan cara memproduksi minyak dan gas bumi. Sejak dari pencarian ladang minyak hingga menjadi bahan bakar yang siap digunakan. Namun, semuanya akan menjadi terang benderang jika sudah mengunjungi 3D Museum Migas di kompleks Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, Sumatera Selatan.

Liputan6.com mendapat kesempatan untuk berkunjung ke museum ini pada Kamis (21/11/2019) lalu. Tak hanya satu lokasi yang berupa museum, Pertamina EP Asset 2 Prabumulih menghadirkan tiga lokasi berbeda untuk memenuhi rasa ingin tahu publik tentang dunia migas.

Menurut Field Manager Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Ndirga Andri Sisworo, museum ini dihadirkan setelah melihat antusiasme masyarakat akan proses pengolahan migas. Karena itu PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field berinisiatif membuat pusat edukasi migas di lingkungan perusahaan yang terdiri dari Museum Migas, Taman Edukasi Migas serta Demo Room.

"Masyarakat dapat memperoleh edukasi tentang proses bisnis migas sekaligus rekreasi. Ketiga sarana fasilitas tersebut merupakan program Kasitement atau Edukasi Entertainment," tutur Ndirga di kantornya.

"Harapan, tentunya di samping memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya di wilayah kerja terkait PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field, juga mengenalkan lebih dekat lagi proses bisnis hulu migas," imbuh Ndirga.

Di dalam museum yang masih berlokasi di area perkantoran PT Pertamina EP Asset 2 di Jalan Jenderal Sudirman No 3 Prabumulih, terdapat berbagai contoh peralatan yang dipakai dalam proses hulu migas, maupun replika peralatan seperti rig, valve, dan diagram-diagram informasi proses migas.

Selain dilengkapi dengan audio visual yang menampillkan video edukasi, museum ini menghadirkan konsep edukasi yang unik dengan menyediakan spot foto 3D.

Selain museum 3D, baru-baru ini Taman Edukasi Migas dihadirkan di dalam kompleks perkantoran yang sama. Berbeda dengan museum, taman edukasi ini mengusung konsep outdoor. Lokasi yang digunakan adalah tanah lapang di dalam lingkungan perumahan kantor Asset 2.

Menghadirkan berbagai replika peralatan migas hingga peralatan dari stasiun pengumpul, bahkan alat berat yang biasa digunakan dalam operasional migas. Masyarakat dapat mengunjungi taman secara bebas dan telah menerima kunjungan dari berbagai sekolah di Kota Prabumulih.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demo Room

Tidak jauh dari kedua lokasi tersebut, juga telah diresmikan Demo Room pada tahun pada awal 2019. Konsep yang berbeda dihadirkan dari Demo Room yang pada dasarnya merupakan wahana yang dibangun dalam memberikan pembelajaran terkait migas dengan desain futuristic space aircraft.

Selain digunakan sebagai wahana edukasi masyarakat, Demo Room juga ditujukan sebagai pusat pelatihan perusahaan. Di dalamnya terdapat ruang praktek yang memberikan gambaran terkait penggunaan alat pemadam ringan, praktik pemakaian APD dan praktik lain dalam keseharian hulu migas, kerja panas dan ketinggian, dan lain lain.

Selain itu, terdapat juga ruang kelas yang berfungsi untuk memberikan penjelasan dan paparan, terdapat juga alat peraga yang terdiri dari 18 segmen keselamatan dan mini bioskop untuk menyajikan materi audio visual dengan efek suara yang baik sehingga pesan dapat diingat dengan baik.

Fokus edukasi dari Demo Room ini adalah keselamatan kerja. Berbeda dengan museum dan taman edukasi migas, demo room memberikan pembelajaran terkait standar-standar keamanan yang harus dipenuhi dalam operasional migas. Mengedukasi masyarakat bahwa tidak bisa sembarangan dalam menjalankan kegiatan migas. Dalam mengunjungi Demo Room, sebagaimana museum, pihak eksternal diperkenankan menyampaikan surat permohonan kunjungan secara kolektif atau kelompok, tidak terbatas pada kelompok kecil.

"Untuk mendukung HSSE beyond culture, PT Pertamina EP Asset 2 mendirikan HSSE Demo Room ini. Dan berharap dapat dimanfaatkan oleh seluruh pekerja serta stakeholder di lingkungan perusahaan," terang Ndirga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.