Sukses

Uji Kelayakan Kapolri, Fraksi Diminta Serahkan Nama Anggota Komisi III DPR

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri Komjen Idham Aziz akan segera dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri Komjen Idham Aziz akan segera dilakukan. Hal tersebut menindaklanjuti surat presiden terkait pencalonan Idham sebagai calon tunggal kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian.

DPR belum dapat menindaklanjuti surat presiden tersebut karena Komisi III yang membidangi hukum belum terbentuk. Komisi III DPR pula lah yang akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon kapolri.

Karena itu, Puan meminta fraksi segera mengirimkan nama anggotanya untuk mengisi posisi di Komisi III DPR.

"Maka saya minta fraksi-fraksi segera melengkapi nama-nama yang akan duduk di Komisi III," ucap Puan, Kamis (24/10/2019).

Bersamaan dengan hal tersebut, Puan juga meminta fraksi segera mengirimkan nama untuk melengkapi alat kelengkapan dewan.

Terkait surat pencalonan Idham Aziz, Puan mengatakan, nama Kabareskrim Mabes Polri itu dianggap mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai kapolri. 

Menurut Puan, persetujuan DPR disampaikan untuk memenuhi ketentuan Pasal 11 ayat (1) UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kendati hanya satu calon, DPR tetap bisa memproses pencalonan kapolri.

"Meski hanya ada satu calon Kapolri yang diajukan Presiden, fit and proper test tetap akan dilaksanakan untuk mengetahui visi calon kapolri," tegas Puan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Calon Tunggal Kapolri

Jenderal Tito Karnavian resmi pensiun dan diangkat dalam jabatan baru sebagai Menteri Dalam Negeri. Polri pun telah mengajukan calon tunggak untuk menempati kursi Kapolri.

"Pengganti Kapolri sudah kami ajukan ke DPR, Pak Idham Azis Kabareskrim, ya satu aja," kata Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019).

Gerindra Sufmi Dasco menyebut, pihaknya sudah menerima surat masuk mengenai Idham Azis yang dicalonkan sebagai Kapolri.

"Sudah masuk dan tinggal tunggu fit and proper test," kata Sufmi.

Sementara itu, Idham Aziz menyatakan siap mengemban tugas tersebut.

"Ya, saya tentunya siap menjalankan amanah ini. Bismillahi tawakkaltu," tutur Idham di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Idham menyebut, dirinya sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti prosedur menjadi Kapolri.

"Saya mohon doa restu karena pada mungkin minggu depan akan dilakukan fit and proper test. Saya saat ini sedang menyiapkan diri, dan prinsipnya saya siapkan," Kata Idham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.