Sukses

Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris Jaringan JAD Lampung

Ketiganya ditangkap dalam periode 14 hingga 19 Oktober 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Densus 88 Antiteror menangkap tiga orang terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Lampung. Rekam jejak salah seorang di antaranya diketahui pernah menyembunyikan Syahrial Alamsyah alias Abu Rara, penyerang Menko Polhukam Wiranto di Pandeglang, Banten.

Kabag Penum Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, indentitas tiga orang yang ditangkap di Lampung itu adalah IU (43), LH (41), dan AH (27). Asep menyebut, AH memegang peranan penting di JAD Lampung. Ketiganya ditangkap dalam periode 14 hingga 19 Oktober 2019.

Dia memiliki hubungan dengan sejumlah pimpinan JAD. Di antaranya dengan JAD Jawa Tengah, JAD Jawa Barat, dan JAD Jambi. Bahkan, AH juga pernah melindungi terduga teroris Syahrial Alamsyah alias Abu Rara.

"AH menyembunyikan teroris yang beberapa waktu lalu ditangkap dengan inisial SA alias Abu Rara," kata Asep di Mabes Polri, Senin (21/10/2019).

Dia menjelaskan, terungkapnya jaringan JAD Lampung merupakan pengembangan dari penangkapan pimpinan JAD Bekasi, Abu Zee Ghurobah bersama delapan anggotanya pada 23 September 2019.

"JAD Lampung terkait dengan JAD Bekasi. Beebekal informasi ditangkaplah tiga orang ini," ucap Asep.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbaiat dengan ISIS

Asep juga mengatakan, ketiganya telah berbaiat dengan ISIS dan pernah melakukan i'dad atau latihan fisik bersama terduga teroris Misgianto.

"Mereka sudah menyiapkan aksi teror. Secara keseluruhan punya target tetap thogut, yakni aparat kemanan khususnya kepolisian," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.