Sukses

Pengamat: Menteri BUMN yang Baru Harus Bebas Konflik Kepentingan

Pengamat Ekonomi dan Politik Salamudin Daeng menilai calon Menteri BUMN kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin harus memiliki rekam jejak yang bersih.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Ekonomi dan Politik Salamudin Daeng menilai calon menteri BUMN kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin harus memiliki rekam jejak yang bersih dan tidak memiliki catatan masalah.

Daeng menyatakan, kandidat tersebut harus bebas dari konflik kepentingan pribadi. Sebab jabatan itu sangat strategis yakni mengelola ratusan perusahaan plat merah.

"Harus melepas kepentingan bisnisnya. Menteri BUMN harus punya visi sesuai amanat pasal 33 UUD 1945," ujar Daeng saat dihubungi, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Senada, Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Muhamad Faisal mengungkapkan jika menteri BUMN berasal dari kalangan pengusaha akan rentan konflik kepentingan pribadi.

Faisal pun berharap agar posisi Menteri BUMN dapat diisi oleh orang-orang yang memiliki integritas yang tinggi. Karena akan banyak kepentingan politik di dalam BUMN.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.