Sukses

5 Hal tentang Kembalinya Sandiaga Uno ke Gerindra

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Uno kembali menjadi kadar Partai Gerindra. Kembalinya Sandi diketahui pertama kali melalui unggahan video di Instagram miliknya @sandiuno.

Seperti diketahui, Sandiaga Uno keluar dari Partai Gerindra untuk maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

Pada unggahannya, Sandiaga Uno terlihat mengenakan sebuah kemeja. Namun, setelah kemeja itu dibuka, ada tulisan Gerindra. Caption unggahan itu pun, "Saya Kembali".

Kembalinya Sandiaga Uno juga dibenarkan oleh Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzhar Simanjuntak. Dia mengatakan Sandiaga resmi kembali ke Gerindra sejak Senin, 14 Oktober 2019.

"Betul," kata Dahnil pada Merdeka, Selasa, 15 Oktober 2019.

Berikut 5 hal tentang kembalinya Sandiaga Uno ke Partai Gerindra dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 7 halaman

Disambut Gerindra

Sandiaga Salahuddin Uno resmi kembali bergabung ke Partai Gerindra. Hal itu terlihat dari unggahan video Sandiaga di instagram @sandiuno.

Dalam video itu, terlihat Sandi tengah melepas pakaiannya yakni batik berwarna biru. Namun, saat dibuka baju batik tersebut, Sandi terlihat mengenakan kaos berwarna hitam bertuliskan Gerindra. Keterangan di bawah unggahan video tersebut tertulis 'Saya kembali'.

Unggahan ini langsung direspon mantan jubirnya semasa kontestasi Pilpres 2019 lalu, Dahnil Anzar Simanjutak. Lewat Instagram pribadinya, Dahnil berkomentar dengan tulisan "hhaahahahahahahahjah (emoticon smile)".

Selain itu, akun instagram resmi Partai Gerindra juga memberi komentar positif menyambut sinyal diberikan Sandiaga.

"Selamat datang kembali Mas @sandiuno #PutihKrem menunggu. Salam #IndonesiaRaya," tulis akun resmi tersebut.

 

3 dari 7 halaman

Sandiaga Merasa Prabowo Mentor Politik

Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzhar Simanjuntak mengungkapkan alasan Sandiaga kembali ke Gerindra.

Salah satunya, kata Dahnil, karena Sandiaga merasa Prabowo adalah mentornya di dunia politik.

"Iya memang Bang Sandi merasa Pak Prabowo adalah mentor utama politik beliau, makanya Bang Sandi tidak mungkin meninggalkan Pak Prabowo dan Gerindra, pasti akan terus menjadi pejuang politik melalui Gerindra seperti selama ini diajarkan Pak Prabowo," ungkap Dahnil.

 

4 dari 7 halaman

Hadiri Konfernas Gerindra

Sandiaga Uno kembali menyandang status sebagai kader Partai Gerindra. Dia pun menghadiri Konferensi Nasional dan apel kader partai di kediaman Prabowo Subianto, Hambalang, Bogor.

Pantauan di lokasi, Sandiaga hadir pukul 09.30 WIB dengan berjalan kaki menuju gerbang utama dengan didampingi belasan kader Gerindra lainnya.

"Halo apa kabar?" sapa Sandiaga ke para kader yang menyapanya di lokasi, Hambalang, Bogor, Rabu (16/10/2019).

Raut wajah Sandiaga semringah. Memakai peci hitam, kemeja safari putih dan celana krem, Sandiaga mengatakan bersyukur bisa kembali menjadi kader Partai Gerindra.

"Ya bersyukur ya bisa kembali," jelas Sandiaga.

"Selamat datang Bang Sandi," seru para kader yang berpapasan dengannya.

Menurut Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, dikumpulkannya seluruh kader oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hari ini adalah untuk mendengarkan suara semua anggota tentang bagaimana langkah Partai Gerindra selanjutnya, usai pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober nanti.

 

5 dari 7 halaman

Tak Incar Jabatan

Sandiaga Uno menghadiri Konferensi Nasional (Konfernas) dan apel kader Partai Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). Ia sekitar pukul 09.40 WIB bersama istrinya Nur Asia dengan menggunakan ojek lantaran padatnya lalu lintas.

"Hari ini saya menerima undangan dari Pak Prabowo untuk hadir di Rapimnas dan kader kader. Dan sebagai kader Gerindra kita berharap Rapimnas ini akan menghasilkan keputusan keputusan strategis untuk kemajuan bangsa kita," ujar Sandiaga.

Calon wakil presiden pada Pilpres 2019 ini mengakui kembali bergabung dengan Partai Gerindra. Dia beralasan kembali bergabung dengan partai besutan Prabowo karena memiliki kesamaan pandangan politik yang sama.

"Platform perjuangannya sama dan saya dulu awal berpolitik di sini. Saya merasa ini rumah kita bersama. Rumah untuk memperjuangkan Indonesia yang tentunya lebih adil, makmur sejahtera untuk masyarakat bisa menggerakan ekonomi membuka lapangan kerja," terang Sandiaga.

Saat ditanya akan menempati posisi jabatan apa di Partai Gerindra, Sandi sapaan akrabnya mengaku tidak mematok posisi jabatan di pengurus pusat.

"Saya ga matok matok posisi (pengurus). Saya serahkan ke Pak Prabowo semua," ucapnya.

 

6 dari 7 halaman

Memungkinkan Kembali Jadi Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan kembalinya Sandiaga Uno ke partai berlambang garuda itu.

Menurut Muzani, Sandiaga kemungkinan kembali menduduki posisi yang dulu ditinggalkan, yaitu Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Tentu hal tersebut setelah dipertimbangkan oleh Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Dimungkinkan wakil ketua dewan pembina sehingga mungkin jabatan yang ditinggal akan kembali dijabat oleh beliau lagi, setelah Pak Prabowo terutama setelah ketua dewan pembina mempertimbangkan satu dan lain halnya," ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Muzani mengatakan kembalinya Sandiaga ke Gerindra merupakan hak politiknya. Dia menegaskan, Gerindra tidak memberikan tekanan agar Sandiaga kembali.

Wakil Ketua MPR itu menuturkan, sejak awal memang Sandiaga satu jalur perjuangan dengan Gerindra. Karenanya, Sandiaga bakal kembali dalam forum tinggi Gerindra yaitu Rakernas.

"Dari awal Pak Sandi juga rasanya juga merasa dengan jalan perjuangannya dengan Gerindra sudah cocok, sehingga itulah jawaban kenapa kemudian beliau akan kita terima dalam forum yang terhormat besok di rapat pimpinan nasional," kata Muzani.

Dia merasa, Sandiaga sudah memiliki chemistry dengan Gerindra sebagai kawan lamanya. Sehingga memutuskan kembali lagi dan tidak pindah partai.

"Mungkin chemistry itu yang beliau merasa bahwa chemistry ini perlu dilanjutkan dalam perjuangan politik ke depan," ucap Muzani.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sandiaga Disebut Bakal Jadi Bos BUMN, Istana: Tanya Pak Erick Thohir
Artikel Selanjutnya
Soal Tenggelamkan Kapal, Gerindra: Kebijakan Edhy Tak Bergeser dari Susi