Sukses

Sandiaga Uno: Insyaallah Saya Hadir Saat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan MPR menyambangi kediaman Sandiaga Uno di Jalan Pulombangkeng, Jakarta Selatan, untuk mengantarkan undangan pelantikan presiden dan wakil presiden. Kedatangan mereka, disambut baik Sandiaga.

Sandiaga menyampaikan rasa terima kasihnya karena sudah diundang dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Pertama-tama saya sangat tersanjung. Saya sangat terhormat karena Pak Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR datang pribadi untuk menyerahkan undangan (pelantikan residen-wakil presiden)," kata Sandiaga di kediamannya, di Jalan Pulombangkeng, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).

Sandiaga mengatakan bahwa dirinya akan hadir saat pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden. 

"Jadi terimakasih Mas Bambang, saya merasa sangat tersanjung dan InsyaAllah saya hadir," sambungnya.

Sandiaga menganggap, pelantikan presiden dan wakil presiden wajib dia hadiri. Ia pun berharap, kehadirannya nanti dapat menjadi simbol berakhirnya kontestasi Pilpres 2019.

"Apalagi kemarin saya ikut dalam kontestasi. Ini juga sekaligus pesan kepada dunia internasional dan juga kepada seluruh segenap tumpah darah Indonesia bahwa kontestasi sudah selesai dan kita sekarang menatap 5 tahun pembangunan Indonesia. Karena we are all in the same board. Kita semua ada dalam satu bingkai NKRI," tutur calon wakil presiden pada Pilpres 2019.

Sementara, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengaku, selain mengantarkan undangan pelantikan presiden dan wakil presiden, pihaknya juga sempat berdialog dengan Sandiaga. Dialog tersebut membahas tentang kebangsaan.

"Kami meminta masukan sebagai salah satu tokoh nasional cawapres paling milenial. Kita minta masukan apa saran beliau terhadap tugas-tugas kami di MPR terutama dalam menjalankan tugas-tugas sosialiasi 4 pilar. Sehingga sosialisasi yang kita jalankan terarah dan menyasar kalangan milenial," kata Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet menyebut bahwa pihaknya dan Sandiaga juga membahas tentang perekonomian Indonesia ke depannya.

"Tadi kita singgung masalah-masalah ekonomi ke depan. Tantangan kita tidak ringan tapi bukan tidak mungkin bisa kalau kita semua kompak," tutur Bamsoet.

Sandiaga mengaku, agar MPR dapat mengikutsertakan kaum milineal dalam sosialisasi 4 pilar. Sebab, kaum milineal dapat mendorong 4 pilar tersebut.

"Kalau kita lihat anak-anak muda kita harus terus kita galang agar turut bersama-sama membangun negara ini dalam value system, sistem 4 Pilar tersebut," kata Sandiaga.

2 dari 3 halaman

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

MPR sebelumnya menyepakati jalan tengah penyelenggaraan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada Minggu, 20 Oktober 2019. MPR sepakat untuk mengusulkan pelantikan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.

"Akhirnya kita sepakat untuk mengusulkan nanti baik kepada kesekjenan, maupun protokol istana, baik juga kepada presiden untuk dilakukan pukul 14.00," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo usai rapat pimpinan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 9 Oktober 2019.

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih awalnya direncanakan digelar pada pukul 10.00 WIB. Namun, karena alasan pelantikan dilakukan pada hari Minggu, diusulkan dilakukan pada sore pukul 16.00 WIB. Sebab, ada masyarakat yang ibadah pagi dan berbenturan dengan car free day (CFD).

"Tapi ada juga wacana tadi kita diskusikan, kalau jam 16.00 WIB terlalu mepet dengan Maghrib," kata Bamsoet.

Namun, akhirnya diambil jalan tengah diusulkan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden digelar pada pukul 14.00 WIB. Alasannya, car free day berakhir, ibadah pagi selesai, dan tidak mepet waktu salat.

"Kenapa, karena car free day berakhir jam 11, kemudian ibadah juga bisa selesai jam 12.00-an jam 1, kita juga yang muslim selesai salat zuhur, dan selesai upacara kita juga masih bisa salat ashar," kata Bamsoet.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Senior Golkar: Ketum Parpol Harus Lebih Suci dari Pejabat
Artikel Selanjutnya
Prabowo Subianto Pastikan Tak Mainkan Anggaran untuk Alutsista