Sukses

Jokowi: Pramuka Tempat Bersemainya Calon Pemimpin Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Gerakan Pramuka membentuk karakter masyarakat menjadi tangguh, tahan banting, serta inovatif. Tak hanya itu, Pramuka juga merupakan tempat bersemainya calon-calon pemimpin bangsa di masa depan.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2019).

"Saya harap kepala daerah baik gubernur, wakik gubernur, bupati, wakil bupati, dan ketua pembimbing daerah untuk berikan dukungan dan kemajuan pramuka di daerah. Karena gerakan pramuka tempat bersemainya calon pemimpin bangsa," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan, bahwa Indonesia adalah bangsa yang beragam dan majemuk. Hal tersebut harus disyukuri oleh seluruh elemen bangsa, termasuk Gerakan Pramuka.

"Alhamdulillah, Gerakan Pramuka telah memberi contoh bagaimana keberagaman yang ada justru memperindah dan menyatukan semua anggota Pramuka," ujarnya.

Jokowi mengatakan, dalam Gerakan Pramuka semua perbebeaan agama, ras, suku, dan golongan bisa menyatu. Lewat Gerakan Pramuka juga bangsa Indonesia merasa sebagai saudara dengan semangat persatuan dan perdamaian.

"Semua itu sesuai dengan slogan negara kita, Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetaplah satu jua," ucap Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Pembina Pramuka Adalah Pahlawan

Tak sampai di situ, Jokowi menilai Gerakan Pramuka telah menyontohkan semangat cinta terhadap alam dan tradisi Indonesia. Misalnya, penggunaan bambu dan kayu serta tali temali untuk membuat berbagai peralatan.

"Sampai dengan memanfaatkan tumbuhan dan hasil alam Indonesia sebagai bagian dari konsumsi para Pramuka ketika berkemah dan lainnya. Juga selalu terpanggil untuk memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah dan bencana alam," jelas Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu mengucapkan terima kasih dan apresiasi bagi para pembina Pramuka yang tersebar di seluruh Indonesia. Jokowi menyebut mereka sebagai pahlawan lantaran secara sukarela mencurahkan waktu dan tenaga dalam membina para peserta didik Pramuka.

"Saudara-saudara adalah pahlawan bagi bangsa ini," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Koalisi Minta Jokowi Evaluasi Pansel Capim KPK
Artikel Selanjutnya
Kunjungi Indonesia, Raja Malaysia Akan Bertemu Presiden Jokowi