Sukses

Canda Prabowo Tinggalkan Kongres PDIP: Saya Banyak Kena Pukul

Usai melakukan swafoto, Prabowo sempat membalas candaan Megawati di dalam pidato kongres tadi.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menghadiri Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dia pamit meninggalkan lokasi setelah acara pembukaan Kongres V PDIP berakhir.

Tak lama, saat sudah di dalam mobil, Prabowo melihat Megawati bersama Prananda Prabowo dan Puan Maharani berada di lobi. Kemudian dia turun, dan berpamitan.

"Bu saya duluan ya. Terima kasih," kata Prabowo berpamitan dengan Megawati di lokasi, Kamis (8/8/2019).

Tak lama berselang, Puan Maharani langsung mengeluarkan telepon genggamnya dan melakukan swafoto.

Usai melakukan swafoto, Prabowo sempat membalas candaan Megawati di dalam pidato kongres tadi.

"Saya sudah kena banyak pukul," canda Prabowo dibalas dengan tertawa bersama.

Sebelumnya, Presiden Jokowi berpidato di Kongres V PDIP di Bali dengan menggunakan baju adat Bali berwarna merah lengkap dengan keris.

Jokowi pun menyadari banyak yang bertanya-tanya mengapa menggunakan pakaian adat Bali padahal, seluruh undangan tak ada yang menggunakan baju adat.

Jokowi mengatakan, alasannya adalah dia dan calon wakil presiden Ma'ruf Amin memperoleh suara hampir 100 persen saat Pilpres 2019.

"Kembali ke pertanyaan kenapa pakai baju adat Bali? Karena kemarin Provinsi Bali 91,6 persen. Mohon maaf Pak Prabowo, saya menyampaikan apa adanya," ucap Jokowi yang kembali mengundang tawa peserta kongres.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga menyinggung kemenangan telak Jokowi-Ma'ruf di Jawa Tengah. Bahkan, di hadapan Prabowo Subianto, Megawati membocorkan strategi kemenangan di Pilpres 2019.

Megawati merasa aneh dengan rencana Prabowo-Sandiaga mendirikan posko di Jawa Tengah. Jawa Tengah diketahui merupakan kandang banteng.

"Bikin posko, saya mikir, gue datangin juga nih si Bowo, sorry, iya dong jengkel dong, orang udah tahu itu tempatnya banteng kok," kata Megawati dalam pidato pembukaan Kongres V PDIP di Bali, Kamis (8/8/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kehadiran Prabowo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri pembukaan Kongres V PDIP di Bali. Prabowo memenuhi undangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat silahturahmi ke kediaman presiden kelima itu.

Pantauan merdeka.com, Prabowo duduk di kursi VVIP bersama Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, serta Wapres Jusuf Kalla. Eks capres 02 itu duduk di sebelah Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin.

Sementara itu, Ketua Umum partai koalisi pendukung Jokowi berada di bagian kiri. Kursi Prabowo, Megawati, Jusuf Kalla, Ma'ruf Amin, dan Prabowo di bagian tengah. Terlihat Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Gubernur Bali Wayan Koster duduk sebelahan dengan para ketua umum koalisi yang hadir, seperti Ketum Nasdem Surya Paloh sampai Ketum PKPI Diaz Hendropriyono.

Bagian sebelah kanan juga diisi oleh tamu VVIP seperti Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, sampai Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Waktu kedatangan para tokoh politik nasional itu saling tautan beberapa menit. Tuan rumah, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tiba di lokasi kedua sebelum Presiden Joko Widodo. Sebelum Megawati, tiba Wapres Jusuf Kalla yang sebelumnya lagi adalah Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Kedatangan Prabowo cukup bikin heboh. Sebab Prabowo dikenal sebagai tokoh utama oposisi dari Jokowi. Prabowo dipanggil dari kerumunan kader dengan seragam serba merah. Kedatangannya disambut tepuk tangan. Sementara Prabowo memberikan gestur hormat saat memasuki arena Kongres. Dia turut ditemani Waketum Gerindra Edhy Prabowo dan Sugiono.

Prabowo menyusul para ketua umum partai koalisi yang hadir terlebih dahulu. Seperti, Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa. Ketum PKB Muhaimin Iskandar absen dan diwakilkan Sekjen Hanif Dhakiri.

Menurut pandangan di lokasi, para tamu undangan menunggu di ruang VVIP dekat pintu masuk ruangan Kongres V. Sempat ada waktu 10-15 menit, Jokowi, Megawati, Prabowo, JK dan Ma'ruf serta ketua umum partai koalisi berada dalam satu ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.